Gapki Kalbar Gelar Diskusi Karhutla dan Buka Puasa Bersama Insan Pers

KalbarOnline, Pontianak – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) cabang Kalbar menggelar acara buka puasa bersama insan pers di Porthouse 99 Cafe and Resto, Jalan Kom Yos Sudarso, Kota Pontianak, Sabtu (08/04/2023).

Kegiatan buka puasa bersama tersebut diawali dengan sesi diskusi terkait persiapan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dilakukan oleh Gapki Kalbar.

Dalam sambutannya, Ketua Gapki cabang Kalbar, Purwati Munawir menyampaikan, bahwa sejak awal isu karhutla ini memang telah menjadi salah satu konsen bagi perusahaan-perusahaan yang tergabung di bawah naungan Gapki Kalbar.

Baca Juga :  Jelang Festival Film 2022 di Pontianak, Panitia Audiensi ke Wali Kota

“Untuk mensosialisasikan bagaimana antisipasi kita agar tidak terjadi kebakaran lahan di kebun perusahaan-perusahaan, khususnya di lahan perusahaan yang menjadi anggota Gapki,” katanya.

Diskusi karhutla dan acara buka puasa bersama insan pers, di Porthouse 99 Cafe and Resto, Jalan Kom Yos Sudarso, Kota Pontianak. (Foto: KalbarOnline.com)
Diskusi karhutla dan acara buka puasa bersama insan pers, di Porthouse 99 Cafe and Resto, Jalan Kom Yos Sudarso, Kota Pontianak. (Foto: KalbarOnline.com)

Purwati menyampaikan, antisipasi karhutla juga tak terlepas dari kesadaran atau peran serta masyarakat. Oleh karenanya, Gapki juga terus memberikan sosialisasi bahaya karhutla kepada masyarakat, utamanya mereka yang tinggal di lingkungan perusahaan.

“Kita sosialisasi kepada masyarakat, kalau masyarakat mau membuka lahan untuk pertanian di lingkungan perusahaan, kami bisa membantu,” ujarnya.

Baca Juga :  Duuuummm, 212 Meriam Karbit Getarkan Pontianak

Tak hanya itu, upaya lain yang dilakukan Gapki Kalbar dalam mengantisipasi karhutla yakni dengan melakukan patroli rutin. Purwati menyebutkan, patroli ini dilakukan dengan melibatkan instansi terkait, termasuk TNI dan Polri.

“Memasuki musim kemarau, perusahaan juga melakukan patroli rutin, kami juga bekerjasama dengan TNI-Polri, baik patroli darat maupun udara menggunakan drone,” ujarnya.

Kegiatan diskusi dan buka puasa bersama ini ditutup dengan makan malam dan foto bersama. Hadir pula sejumlah perwakilan perusahaan-perusahaan anggota Gapki Kalbar. (Jau)

Comment