BPBD Provinsi Kalbar Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Hingga Pengecekan Peralatan

KalbarOnline, Pontianak – BPBD Provinsi Kalimantan Barat menggelar simulasi penanganan bencana yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana, di halaman Kantor BPBD Provinsi Kalbar, Jumat (26/04/2024).

Hari Kesiapsiagaan Bencana ini sedianya diperingati pada tanggal 26 April setiap tahunnya. Peringatan ini dicetuskan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), merujuk pada hari lahirnya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Hari Kesiapsiagaan ini juga ditujukan dalam rangka meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan masyarakat.

Adapun tema pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2024 adalah “Siap untuk selamat” dengan subtema ” Indonesia Tangguh, Indonesia Hebat”. Peringatan inipun dilaksanakan oleh  BPBD provinsi di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Jadikan Produk Kerajinan Kalbar Berdaya Saing sampai Luar Negeri
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar, Ansfridus J Andjioe meninjau pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana tingkat Provinsi Kalbar. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Di BPBD Kalbar, secara simbolis kegiatan simulasi itu dimulai dengan melakukan penyemprotan fire hose atau selang pemadam kebakaran, dan pengecekan peralatan untuk penanggulangan bencana oleh Kepala BPBD Provinsi Kalbar, Ansfridus J Andjioe.

Usai acara, Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalimantan Barat, Daniel menyampaikan, kegiatan ini sebagai suatu bentuk untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa BPBD Provinsi Kalbar selalu siap dalam segi personel dan peralatan dalam menanggulangi berbagai macam bencana yang akan terjadi di seluruh wilayah Kalbar.

Baca Juga :  Terparah se-Kalbar, 63.519 Warga Sambas Jadi Korban Terdampak Banjir

Daniel memaparkan bahwa potensi bencana yang terjadi saat ini adalah banjir, kendati pada Mei ini telah memasuki masa transisi atau peralihan musim penghujan ke musim kemarau.

Kepala BPBD Provinsi Kalbar, Ansfridus J Andjioe foto bersama pada momen Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 tingkat Provinsi Kalbar. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

“Sesuai dengan (tema) peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun ini yakni ‘Siap Selamat’. Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana,” ujarnya.

“Dan yang lebih penting bagaimana kita mampu melakukan evakuasi mandiri. Sebelum bantuan datang untuk menghindari bencana tersebut,” pungkas Daniel. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment