8 Desa di Kecamatan Bika Kapuas Hulu Terendam Banjir

KalbarOnline, Pontianak – Tingginya curah hujan membuat 8 desa di Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu banjir, pada Selasa (05/12/2023). Akibatnya sebanyak 1.501 kepala keluarga atau 4.848 jiwa terdampak dalam musibah itu.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalbar, Daniel menyampaikan, 8 desa yang terdampak tersebut diantaranya Desa Teluk Sindur dengan 278 kepala keluarga atau 898 jiwa terdampak. Kemudian Desa Bika Hulu dengan 295 kepala keluarga atau 921 jiwa yang terdampak, Desa Bika dengan 258 kepala keluarga atau 773 jiwa terdampak.

Selanjutnya Desa Penyeluang dengan 165 kepala keluarga atau 572 jiwa yang terdampak, Desa Nanga Manday dengan 155 kepala keluarga atau 520 jiwa yang terdampak, Desa Jelemuk dengan 167 kepala keluarga atau 562 jiwa yang terdampak, Desa Jongkong Manday dengan 72 kepala keluarga atau 219 jiwa yang terdampak, Desa Melapi Manday dengan 111 kepala keluarga atau 383 jiwa yang terdampak.

Baca Juga :  10 Kecamatan di Kapuas Hulu Terendam Banjir

“Total warga yang terdampak dari 8 desa di satu kecamatan ini sebanyak 1.501 kepala keluarga atau 4.848 jiwa,” terangnya.

Tak hanya itu, Daniel mengatakan, banjir ini juga telah mengakibatkan terendamnya beberapa fasilitas umum, rumah warga, dan akses jalan warga juga terputus akibat genangan air.

“Secara umum di Kabupaten Kapuas Hulu hampir di semua kecamatan terjadi banjir, hanya saja datanya masih dalam proses pendataan oleh BPBD Kapuas Hulu,” tuturnya.

Daniel menambahkan, kalau banjir juga terjadi di kecamatan Putussibau Selatan, persisnya di Kelurahan Kedamin dan Desa Cempaka Baru.

Baca Juga :  FORKI Kapuas Hulu Borong Medali, Wabup Wahyudi: Hadiah Berharga untuk Kapuas Hulu Hebat

“Data di kecamatan ini untuk warga yang terdampak sedang dalam proses asesmen oleh BPBD Kapuas Hulu,” katanya.

Sejauh ini, BPBD Kapuas Hulu bersama TNI-Polri serta instansi terkait sudah melakukan upaya-upaya penanggulangan. Saat ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu pun kata dia, sedang memproses penetapan status tanggap darurat banjir, agar penanganan bencana banjir di Kapuas Hulu dapat lebih optimal.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menyimpan berbagai dokumen penting baik itu dokumen pribadi atau dokumen keluarga di tempat-tempat yang lebih aman. Kemudian perhatian juga instrumen listrik yang dapat memicu bahaya saat bersentuhan dengan air banjir,” pesan Daniel. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment