Babinsa 1206-11/Silat Hilir Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1206-11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Psb, Sertu Tomi dan Praka Erpan membantu warga yang terdampak banjir di Desa Nanga Nuar Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (09/03/2024).

Bantuan yang diberikan itu diantaranya membantu menaiki kendaraan roda dua milik masyarakat ke rakit darurat untuk diseberangkan melalui ruas jalan Desa Nanga Nuar yang terendam banjir.

“Pada saat kita mendengar atau melihat suatu kejadian bencana alam atau tragedi kemanusiaan, sudah barang tentu kita sebagai manusia yang memiliki jiwa sosial akan turut prihatin dan berusaha membantu semampu kita,” ujar Sertu Tomi.

Baca Juga :  Seorang Buruh Sawit PT PIP Ditemukan Tewas, Ternyata Pembunuhnya Adalah

Babinsa merupakan garda terdepan yang berperan penting bagi masyarakat dalam kondisi normal atau lebih lagi dalam keadaan terkena musibah. Seperti banjir saat ini, bencana alam banjir yang terjadi di ruas Jalan Desa Nanga Nuar itu diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari terakhir dengan ketinggian air mencapai 50 sampai 70 Cm. Banjir yang terjadi disini biasanya hanya berlangsung 1 sampai 2 hari jika intensitas hujan tidak meningkat.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Serahkan Bantuan Presiden ke Kapuas Hulu

“Kami sebagai babinsa harus selalu tampil dalam mengatasi semua kesulitan masyarakat, karena wujud tanggung jawab dalam mengayomi serta pembinaan terhadap masyarakat. Kewaspadaan harus tertanam di benak semua babinsa dan kalangan masyarakat, supaya kita selalu siap jika terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan,” kata Sertu Tomi. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment