Kodim 1206 Putussibau Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir

KalbarOnline, Putussibau – Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Apel Gelar pasukan tersebut dilaksanakan di depan Halaman Makodim 1206/Putussibau, Jalan Piere Tendean, Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (27/12/2023).

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut antara lain Kasdim 1206/Putussibau, Mayor Inf Supriyono, Kapolres Kapuas Hulu diwakili KBO Sat Sabhara, IPDA Sipiani, Kepala BPBD Kapuas Hulu yang diwakili oleh M Yunus dan Kasatpol PP yang diwakili oleh Yasir.

Selain itu hadir pula para pasi-pasi Kodim 1206/Putussibau, Danunit Inteldim 1206/Putussibau, Letda Inf Sugianto, para anggota Kodim 1206/Putussibau, para anggota Polres Kapuas Hulu, para anggota Pol PP Kapuas Hulu dan para anggota BPBD Kapuas Hulu.

Baca Juga :  Warga Putussibau Digemparkan Dengan Penemuan Mayat Pria di Pantai Desa Teluk Sindur

Dalam amanatnya, Kasdim 1206/Putussibau Mayor Inf Supriyono menyampaikan, tujuan diselenggarakannya apel ini adalah untuk melihat dan mengecek kesiapan personel dan perlengkapan, peralatan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian atas bencana alam yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Mengingat kondisi geografis dan topografi saat ini memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, akibat cuaca yang tidak menentu tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim yang dapat mengakibatkan bencana alam,” ujarnya.

Dijelaskan Kasdim Supriyono, kegiatan Ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana, sehingga semua pihak dapat memahami tugasnya masing-masing agar pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga :  Kunjungi Warga Rumah Betang Bali Gundi, Kapolda Kalbar Silaturahmi dan Serahkan Bansos

Di samping itu, juga perlunya partisipasi forkopimda, forkopimcam, tokoh agama, tokoh masyarakat, relawan yang baik, agar meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik agar tercipta kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana alam yang optimal.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dirinya mengajak semua pihak untuk meningkatkan sinergitas pencegahan, melaksanakan pendekatan secara preventif kepada masyarakat terkait peran serta masyarakat dalam menghadapi bencana.

“(Kemudian) melakukan pengecekan secara berkala terhadap semua perlengkapan dan peralatan SAR masing-masing instansi, agar dapat berfungsi pada saat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Kapuas Hulu,” tutup Mayor Inf Supriyono. (Pendim 1206/Psb/Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment