Pemkab Kapuas Hulu Gelar Buka Puasa bersama Forkopimda, Anak Yatim, Dhuafa, Mualaf dan Masyarakat

KalbarOnline, Putussibau –  Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menggelar acara buka puasa bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), anak yatim piatu, kaum dhuafa, para mualaf dan masyarakat, di rumah jabatan dinas Wakil Bupati Kapuas Hulu, Minggu (07/04/2024).

Selaku tuan rumah, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan, buka puasa bersama yang juga sebagai bentuk memuliakan anak yatim piatu, kaum dhuafa serta mualaf tersebut adalah kegiatan rutin yang senantiasa dilaksanakan setiap tahunnya.

“Program ini dibuat untuk diorientasikan kepada umat, dan merupakan salah satu implementasi dari visi misi Kapuas Hulu Hebat melalui lembaga yatim Baitul Maqdis dan Baznas, instansi vertikal, BUMN, BUMD serta lembaga keuangan bank dan non bank serta ormas yang memiliki kepedulian untuk memuliakan dan membahagiakan anak-anak yatim,” kaum dhuafa serta mualaf yang diterima dari para muzakki,” tutur Wahyudi. 

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh panitia yang telah berusaha payah melaksanakan kegiatan ini. Wahyudi berharap, kebersamaan ini dapat terus dipertahankan dalam rangka meningkatkan harmonisasi dan kebahagiaan bersama masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu di masa-masa yang akan datang.

Baca Juga :  Wahyudi Hidayat Halal Bihalal di Kecamatan Hulu Gurung

“Pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu memberikan rasa kebahagiaan dan memuliakan kepada anak yatim piatu, kaum dhuafa dan mualaf,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, turut diberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Disampaikan Wahyudi, bahwa bantuan-bantuan ini juga diberikan saat pihaknya melakukan Safari Ramadhan ke sejumlah wilayah.

“Kegiatan (penyerahan bansos, red) ini dapat dilakukan tidak hanya terbatas pada saat Ramadhan saat ini, tetapi pada kegiatan lainya,” ujarnya.

Lebih lanjut Wahyudi menyampaikan, bahwa memuliakan anak yatim piatu, kaum dhuafa dan mualaf ini terdapat di dalam ajaran Islam dan kitab suci Al-Qur’an, di mana disebutkan, ‘barangsiapa meletakkan tangannya di atas kepala anak yatim piatu dengan penuh kasih sayang, maka untuk setiap helai rambut yang disentuhkannya  akan memperoleh satu pahala, dan barang siapa berbuat baik terhadap anak yatim piatu dia akan bersamamu surga seperti dua jari (jari telunjuk dan jari tengah) ini’.

Baca Juga :  Buka Puasa bersama PPKS, PJ Gubernur Kalbar Salurkan Bansos Sembako dan Alat Shalat

Ke depan, Wahyudi berharap kebersamaan, koordinasi, komunikasi dan aksi-aksi dari semua pihak sesuai regulasi dapat terus dilakukan, sehingga arah cita-cita pengentasan kemiskinan dan kesenjangan sosial dapat dicapai dalam visi misi Kapuas Hulu Hebat.

“Dan mari kita tetap jaga kerukunan, keamanan dan ketertiban bersama, sehingga dengan rasa aman dan damai. Kita dapat melaksanakan aktivitas penyelenggaraan pemerintahan dengan lancar,” katanya.

Sebelum menutup sambutannya, Wahyudi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan, TNI-Polri, Satpol PP serta semua pihak dan masyarakat dengan tetap semangat dalam melaksanakan tugas, tanggap dan peduli.

“Sehingga menjelang paskah, Ramadan dan menjelang Idul Fitri, situasi dan kondisi Kabupaten Kapuas Hulu tetap aman dan damai,” pungkas Wahyudi. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment