Harisson: Persatuan Kunci Rayakan Hari Kemenangan

KalbarOnline, Pontianak – 1 Syawal 1445 Hijriah atau hari raya Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada pekan kedua bulan April 2024. Sebagai hari besar keagamaan, lebaran Idul Fitri tentu menjadi momentum yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat muslim di dunia.

Insya Allah kita semua akan merayakan hari raya Idul Fitri, hari kemenangan, setelah kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh,” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson.

Dalam memaknai perayaan Idul Fitri sebagai hari kemenangan, Harisson pun mengingatkan, bahwa kunci dalam setiap kemenangan itu sendiri adalah persatuan. Baik persatuan umat, negara maupun bangsa.

Oleh karenanya, salah satu amalan terbaik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam perayaan Idul Fitri adalah bersilaturahmi, saling memaafkan serta memperkuat jalinan ukhuwah antar sesama.

Harisson pun berharap, dalam momen kebahagiaan itu nantinya, semua dosa-dosa serta kekhilafan kita dapat digugurkan oleh Allah SWT.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Kalbar, bahwa kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan, di tengah keberagaman, mari kita bersama-sama merayakan hari raya Idul Fitri dengan penuh rasa persatuan dan kesatuan,” kata Harisson.

Baca Juga :  Hari Sumpah Pemuda 2023 Tingkat Provinsi Kalbar Berlangsung Meriah

Dirinya menekankan, bahwa Idul Fitri merupakan momentum yang sangat baik bagi semua pihak untuk kembali mengurai permasalahan yang terjadi, saling mendatangi, melepas dendam serta memperbaiki hubungan agar kembali harmonis.

“Kita tidak tahu ada perbuatan khilaf kita sesama manusia yang tidak kita sengaja lakukan, makanya pada hari raya Idul Fitri nanti kita semua tentunya akan melakukan silaturahmi bersama keluarga, sahabat, teman atau masyarakat, saling maaf memaafkan terhadap kekhilafan kita yang selama ini,” tuturnya.

Selain itu, Idul Fitri juga dikatakannya sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Menurutnya, ikatan silaturahmi dan keutuhan antar masing-masing pribadi, keluarga atau sanak famili juga tak kalah pentingnya.

“1 Syawal ini tentunya sangat membahagiakan, di mana saya nanti akan berkumpul bersama istri dan anak serta seluruh keluarga, yang selama ini mungkin kita disibukkan karena aktivitas sehari-hari, nantinya bisa kumpul,” sampainya.

Baca Juga :  Dari Tanah Suci, 7 Orang Jemaah Haji Kalbar "Berpulang ke Rahmatullah"

Kebetulan, pada Idul Fitri 1445 H ini, Harisson mengatakan kalau dirinya tidak melakukan mudik atau pulang kampung. Dirinya pun akan membuka pintu pendopo selebar-lebarnya untuk masyarakat Kalbar datang bertamu.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya bersama seluruh keluarga mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1445 hijriah kepada seluruh masyarakat Kalbar. Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” tutup Harisson.

Sebagai tambahan, agenda open house di Pendopo Gubernur Kalbar akan dilaksanakan pada hari pertama lebaran, mulai pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB. Kemudian dilanjut pada pukul 14.00 WIB – 17.00 WIB.

Selain itu, Pj Gubernur Kalbar, Harisson bersama istri juga dijadwalkan akan bersilaturahmi ke sejumlah tempat. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment