Kilas Balik Sejarah Putussibau Tahun 1895, Pernah Dipimpin Controleur LC Westenenk

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT Kota Putussibau ke 129 dan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, di GOR Uncak Kapuas Putussibau, Sabtu (01/06/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Fransiskus mengatakan, berdasarkan piagam kesepakatan seminar Hari Jadi Kota Putussibau pada tanggal 14 – 15 Februari tahun 2005, secara de Jure Kota Putussibau sudah dikenal sejak tanggal 11 April 1895, dengan adanya pembentukan De Onderafdeeling Boven Kapoewas di bawah kekuasaan seorang Controleur Hindia Belanda bertempat di Putussibau—dan berdasarkan Gouvernement Besluit Van 11 April 1895 Nomor 75.

“Selanjutnya, secara de facto Kota Putussibau telah diakui dengan adanya pengangkatan pejabat Controleur pertama LC Westenenk pada tanggal 1 Juni 1895. Maka berdasarkan kesepakatan bersama tersebutlah, setiap tanggal 1 Juni kita peringati sebagai Hari Jadi kota Putussibau,” kata Fransiskus.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Tegaskan Pemkab Kapuas Hulu Dukung Program KPK

“Tanggal 1 Juni juga sebagai hari lahir Pancasila, sehingga penetapan 1 Juni sebagai hari Jadi Kota Putussibau memiliki nilai historis yang strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga perdamaian, toleransi , persatuan dan goyo royong menjadi semangat dalam membangun Kota Putussibau lebih baik lagi,” sampainya lagi.

Lebih lanjut ia menyebutkan, bahwa Hari Jadi Kota Putussibau tahun ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk merefleksikan perjalanan 129 tahun Kota Putussibau yang telah dilalui.

Baca Juga :  Rumusan RPJMD Harus Realistis dan Bisa Diimplementasikan

“Selanjutnya mengevaluasi perkembangan masa kini serta menyusun strategi untuk masa mendatang,” tambahnya.

Hadir dalam upacara peringatan tersebut Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, Kajari Kapuas Hulu, Samsuri, Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini, para kepala OPD Pemkab Kapuas Hulu serta tamu undangan lainya. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment