Menteri Sandi Minta Media Ikut Kasi Tahu: Kalbar Sudah Bangkit dan Siap Mendunia

KalbarOnline, Pontianak – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Uno bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat secara resmi meluncurkan Calender of Event Fest tahun 2023, di Aula Garuda Gedung Baru Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (09/02/2023).

Dalam kesempatan itu, Sandi sapaan akrab Sandiaga Uno mengaku senang, bahwa dorongan untuk menjadikan pariwisata Kalbar dikenal luas tak hanya datang dari pemerintah saja, namun juga dari pihak swasta.

“Saya sangat apresiasi kalender event Kalbar ini melibatkan mitra co branding, ada Damri dan perusahaan lainnya. Jadi semuanya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, sehingga promosinya terintegrasi dan tersegmentasi serta sangat terkurasi,” ujarnya.

Sandi pun lantas mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari yang telah menginisiasi sekaligus mengakomodasi pihak ketiga untuk terlibat aktif dalam kemajuan pariwisata Kalbar.

“Ini suatu terobosan, saya berterima kasih kepada Kadisporapar Kalbar Ibu Windy Prihastari yang melibatkan semua pihak termasuk komunitas,” ucapnya.

Selanjutnya, Sandi juga meminta adanya dorongan dari pihak pers dalam membantu mempromosikan pariwisata di Kalbar. Pers kata dia, bisa memberitahukan kepada masyarakat selus-luasnya, bahwa Kalbar sudah bangkit dan siap mendunia.

“Media juga harus mengabarkan bahwa Kalbar sudah bangkit, dan Kalbar menjadi tujuan menarik, karena di sisi Malaysia pantainya pasirnya tidak putih dan lumpur,” kata dia.

Sandi yang hadir bertepatan dengan Hari Pers Nasional itu menilai, bahwa kehadiran pers akan melengkapi dan memperkokoh konsep pentahelix dalam sisi pembangunan ke depan.

Baca Juga :  Kebakaran di SPBU Imam Bonjol Pontianak, Truk Sampah Milik Pemkab Kubu Raya Terbakar

“Kemarin saya juga sempat berbicara dengan Menteri Pariwisata Malaysia yang kebetulan orang Sarawak, nanti kita akan duduk bersama bersama Menteri Pariwisata Malaysia dan Menteri Besar Sarawak serta Pak Gubernur Kalbar untuk kita lebih berkolaborasi,” tandasnya.

Sebelumnya, kegiatan launching kalender event pesona Kalbar yang dirangkai dengan sejumlah kegiatan itu dihadiri oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan jajaran, Forkopimda Provinsi Kalbar, para tokoh, pengusaha, komunitas serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalbar dan jajaran yang telah memberikan porsi yang luar biasa kepada para pelaku usaha, UMKM dan stakeholder lainnya demi kemajuan dan pertumbuhan perekonomian Kalbar dalam bidang kepariwisataan.

Di tempat yang sama, Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengaku senang atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno. Ia merasa kehadiran Sandi membawa semangat bagi geliat pariwisata dan UMKM di Kalbar.

Alhamdulillah Pak Sandiaga datang kembali ke Kalimantan Barat. Sudah 3 kali. Mudah-mudahan ke depan lebih sering lagi, dan ini menjadi semangat untuk kita semua, khususnya bagi para pelaku usaha wisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kalbar,” tuturnya.

Windy mengungkapkan, dari sekian event dan destinasi wisata yang ada di Kalbar, 2 diantaranya sudah masuk ke dalam kalender wisata nasional atau Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023.

Event yang pertama yakni Festival Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang, dan yang kedua, Nyobeng Dayak Bidayuh di Kabupaten Bengkayang.

Baca Juga :  Baznas dan Pemkot Pontianak Sinkronisasikan Program Penurunan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

“Itu sebenarnya harus lebih banyak lagi dan saya mengimbau kabupaten/kota se-Kalbar untuk terus aktif menyelenggarakan event dan membuat paket-paket wisata yang nanti bisa mendukung pelaksanaan event,” harap Windy.

Disporapar Kalbar, lanjut Windy, dalam hal ini tentu akan selalu memberikan support, termasuk berupa pelatihan-pelatihan dan penyusunan paket wisata yang ada di Kalbar. 

“Jadi jangan disia-siakan kesempatan ini, agar lebih banyak lagi event di Kalbar yang masuk KEN,” pintanya.

Windy menerangkan, bahwa dengan masuknya event ke dalam kalender pariwisata nasional (KEN), maka akan banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh daerah/kabupaten/kota yang bersangkutan, seperti peningkatan PAD, pertumbuhan ekonomi masyarakat dan seterusnya. Karena secara otomatis, daerahnya bakal menjadi tujuan para wisatawan atau turis nasional maupun mancanegara.

“Tentunya pasti banyak yang didapat pemerintah kabupaten/kota ketika eventnya masuk dalam KEN. Yang pertama pasti promosi baik secara nasional maupun internasional, dukungan (anggaran, red) pelaksanaan event oleh Kemenparekraf. Karena itu kabupaten/kota harus memanfaatkan ini,” jelas Windy lagi.

Dalam kesempatan itu, Windy turut menghaturkan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno yang telah berkunjung ke Kalbar. Ia pun berharap, Sandi dapat kembali hadir dalam event-event nasional yang digelar di Kalbar kedepannya.

“Terima kasih kepada Pak Sandi yang telah berkunjung ke Kalbar, kami tunggu kehadiran Bapak di Kalbar dalam pelaksanaan event nasional maupun internasional di Kalbar,” ucapnya. (Jau)

Comment