Sinergi Cegah Stunting Melalui Sanitasi yang Baik

KalbarOnline, Sukadana – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara terus melakukan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat yang salah satunya diwujudkan melalui sinergi dengan perusahaan untuk membantu masyarakat membangun sanitasi yang baik guna percepatan penurunan angka stunting.

Hal ini disampaikan Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat menerima toren air atau bak penampung air dari PT CUS dan PT Jalin Vanio melalui Grup Artha Graha Peduli, Selasa (07/02/2023). Toren ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan di 6 kecamatan yang ada di Kayong Utara.

“Hari ini saya mewakili pemerintah Kayong Utara dan masyarakat telah menerima toren air atau bak penampung air dari manajemen PT CUS dan Jalin Vanio melalui Grup Artha Graha Peduli, yang mana ini atas usulan pemerintah daerah dalam rangka dan upaya untuk membantu masyarakat kita dalam penurunan angka stunting,” ujarnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri 1444 H, DWP Kalbar Anjangsana ke Panti Sosial dan Panti Asuhan

Bupati mengatakan, penyebab stunting salah satunya karena rumah-rumah tidak memiliki bak penampung air atau sanitasi yang baik.

“Kita juga mengupayakan untuk pembangunan WC atau septic tank di beberapa daerah dan saluran air dari rumah ke rumah, serta dengan bantuan ini, setidaknya di musim kemarau, masyarakat bisa menampung air,” kata dia.

Selain itu, dalam mengatasi suplai air bersih di musim kemarau, Bupati Citra juga mengatakan, upaya yang terus dilakukan yakni dengan pembangunan toren air berkapasitas besar di beberapa wilayah.

Baca Juga :  Sidak Bupati Citra, Tinjau Langsung Kantor Pelayanan Publik dan Rumah Sakit

“Untuk toren air yang 5 ribu liter kita juga ada dibantu, memang kita harus memerlukan beberapa toren besar supaya di beberapa titik ada bak penampung untuk suplai air bersih di musim kemarau,” ungkapnya.

Sebelumnya, atas nama pemerintah daerah, dirinya mengucapkan terima kasih kepada General Manager PT CUS dan Jalin Vanio melalui Artha Graha Peduli yang telah meringankan beban pemerintah daerah dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu. (Santo/Prokopim)

Comment