Dampak Kenaikan BBM, Pemkab Melawi Salurkan BLT UMKM Rp 1 Miliar

KalbarOnline, Melawi – Kenaikan harga-harga bahan pokok yang merupakan imbas dari kebijakan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi mulai dirasakan oleh masyarakat.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Perdagangan (Diskumdag) menyiapkan anggaran untuk disalurkan ke sejumlah kalangan masyarakat yang terdampak pasca harga kenaikan BBM.

Kalangan masyarakat yang akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), diantaranya pedagang kecil, asongan, bahkan pedagang keliling. 

Baca Juga :  Selesaikan 2 Gardu Induk, PLN Hemat Konsumsi BBM di Sekadau dan Sintang

Kepala Diskumdag Melawi, Daniel, mengungkapkan, masyarakat akan menerima BLT sebesar Rp 500 ribu per UMKM. Rencananya ada 2 ribu pelaku usaha kecil yang menjadi sasaran. Dana ini bersumber dari APBD Melawi dengan total bantuan Rp 1 miliar. 

“BLT ini bagian dari upaya pemerintah untuk mengantisipasi dampak kenaikan BBM. Penyaluran ini sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk meringankan beban para pengusaha mikro, agar usahanya dapat terus berlanjut,” terang Daniel. 

Lebih lanjut dikatakan, proses penyaluran akan dilakukan melalui per kecamatan, kemudian ke desa. Bantuan ini pun nantinya dijamin tak tumpang tindih. Apalagi saat ini pemerintah pusat juga gencar menyalurkan BLT dan bantuan lainnya yang serupa. 

Baca Juga :  Tuntut Kesejahteraan Petani, Ratusan Massa Gelar Aksi di Kantor Gubernur Kalbar 

Daniel menambahkan, Diskumdag membuka peluang bagi pelaku usaha yang dinilai betul-betul harus dapat dan memang layak mendapatkan bantuan, bisa mengajukan diri ke Diskumdag Bidang Koperasi dan UMKM. 

“Mengantisipasi penyaluran tumpang tindih, nanti petugas kami akan ikut mendata langsung ke lapangan,” pungkasnya. (BS)

Comment