Jelang Lebaran, Pemkab Kayong Utara Sidak Pasar Teluk Melano

KalbarOnline, Simpang Hilir – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (KKU) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) bersama Dinas Pertanian dan Pangan (Dispangan) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Teluk Melano, Kecamatan Simpang Hilir, pada Jumat (05/04/2024).

Kepala Diskumindag KKU, Agus Rudi Suandi mengatakan, bahwa sidak ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan kualitas produk bahan pangan pokok yang di pasaran.

“Fokus utama sidak kali ini adalah untuk memantau harga dan stok bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur, daging ayam dan daging sapi,” jelasnya.

Baca Juga :  5 Bulan Lagi Jabatan Gubernur dan Wakil Selesai, Sutarmidji Minta 2 Hal Ini ke Jajaran OPD

Berdasarkan hasil sidak, Maluru Nursalam selaku Kepala Dispangan KKU menyatakan, bahwa stok bahan pangan pokok di Kabupaten Kayong Utara untuk saat ini masih aman.

Alhamdulillah, stok bahan pangan pokok di pasaran masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Hari Raya Idul Fitri nanti,” ujar Maluru.

Meskipun stok aman, Maluru mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran.

“Kita terus berkoordinasi dengan distributor dan pedagang untuk menjaga stabilitas harga,” imbuhnya.

Baca Juga :  Siapkan Pasar Kerja, Bupati Citra Pimpin Pengangkatan Calon PNS Sekolah Kedinasan di Kayong Utara

Agus Rudi menambahkan, dalam sidak kali ini, pihaknya tidak menemukan pelanggaran yang berarti.

“Hanya ada beberapa pedagang yang menjual produk dengan harga sedikit di atas HET (Harga Eceran Tertinggi),” ungkapnya.

Agus Rudi menegaskan, pihaknya akan terus melakukan monitoring dan pengawasan pasar secara berkala untuk memastikan ketersediaan dan kualitas bahan pangan pokok di pasaran.

“Pemerintah Kabupaten Kayong Utara berkomitmen untuk menyediakan bahan pangan yang aman dan terjangkau bagi masyarakat,” tandasnya. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment