Kamaruzaman Luncurkan Gerakan Tanam Cabai di Terentang

KalbarOnline, Kubu Raya – Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman meluncurkan Gerakan Menanam Cabai di Kecamatan Terentang, pada Rabu (03/04/2024). Peluncuran gerakan menanam itu menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi pangan sekaligus menjaga ketersediaan komoditas pangan strategis.

“Ada hal yang menarik di Terentang ini. Selain Safari Ramadhan, kita juga meluncurkan program gerakan menanam cabai. Tadi kita lakukan penanaman di kawasan Inovtan Empening Mandiri di Desa Teluk Empening,” kata Kamaruzaman usai kegiatan.

Ia mengungkapkan, nantinya akan kembali lagi ke lokasi untuk memantau secara langsung progres maupun hasil dari penanaman yang telah dilakukan.

Baca Juga :  Satgas Pangan Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Pontianak Aman Jelang Lebaran

Alhamdulillah, kita sudah lakukan penanaman cabai. Jadi walaupun ini adalah Safari Ramadhan penutup, kita nanti tetap akan datang lagi kesini untuk melihat hasil dari gerakan menanam ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada 4 Maret 2024, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Mandiri. Menindaklanjuti hal itu, Pj Bupati Syarif Kamaruzaman pun mengeluarkan edaran yang meminta seluruh camat untuk mengajak masyarakat menanam cabai di lingkungan pekarangan masing-masing.

Baca Juga :  Harisson Temukan Fakta Berbeda dari Data BPS Soal IPH Ketapang, Ada yang Tak Becus Kerja?

Guna mengoptimalkan gerakan itu, Kamaruzaman pun telah menginstruksikan camat untuk bersinergi dengan para kepala desa dan tokoh masyarakat serta para pihak terkait lainnya di wilayah kecamatan.

“Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian juga harus melakukan monitoring dan evaluasi serta mengoptimalkan fungsi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk memotivasi dan menggerakkan petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan kelompok wanita tani dalam gerakan tanam cabai mandiri ini,” tuturnya dalam edaran tersebut. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment