Sekda Alexander Wilyo Resmikan Pelayaran Perdana Kapal Wisata Kabupaten Ketapang 

“Ke depan saya berharap kita semua harus bersama-sama membangun Ketapang melalui ide-ide kreatif yang positif,” Sekda Alexander Wilyo

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo meresmikan pengoperasian Kapal Wisata Ale-Ale Ketapang yang akan menjadi salah satu ikon wisata di Kota Ketapang. Kapal wisata yang menyusuri Sungai Pawan ini mulai beroperasi, pada Kamis (01/09/2022) sore.

Peresmian Kapal Wisata Ale-Ale ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan langsung oleh Sekda Ketapang di Dermaga Saunan, Kelurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan.

Kepada media, Sekda Ketapang berharap, dengan kehadiran Kapal Wisata Ale-Ale ini bisa menambah ikon wisata yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Harapan kita, potensi menyusuri sungai dan melihat Kota Ketapang dari jalur air menggunakan kapal ini dapat menjadi wisata baru di Ketapang,” katanya.

Sekda mengaku sangat mengapresiasi ide-ide kreatif masyarakat–yang salah satunya seperti pembuatan kapal wisata ini. Menurut Beliau, ide-ide kreatif ini tentu memiliki peran dalam upaya membangun Ketapang melalui potensi wisata.

“Ke depan saya berharap kita semua harus bersama-sama membangun Ketapang melalui ide-ide kreatif yang positif,” ajaknya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo meresmikan pengoperasian Kapal Wisata Ale-Ale Ketapang. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo meresmikan pengoperasian Kapal Wisata Ale-Ale Ketapang. (Foto: Istimewa)

Sekda juga meminta seluruh pihak untuk dapat sama-sama mempromosikan Kapal Wisata Ale-Ale ini, termasuk nanti pada saat penyelenggaraan MTQ ke-XXX Tingkat Provinsi Kalbar pada November 2022 mendatang.

“Pada MTQ nanti saya harap tamu-tamu kita bisa ke sini dan melihat Ketapang dari sungai,”  harapnya.

Sementara itu, pemilik kapal, Hadi Akbar mengatakan, sebelum beroperasi dan mendapatkan izin berlayar, kapal ini sudah dilakukan uji coba oleh dinas terkait. Diakuinya, kapal yang bermuatan 200 penumpang ini dibawa dari Batu Ampar ke Ketapang.

“Kapal ini akan beroperasi setiap hari mulai dari pukul 15.00 – 22.00 Wib, dengan biaya Rp 25 ribu per-orang sudah termasuk asuransi. Sedangkan untuk anak-anak di bawah 5 tahun gratis,” katanya.

BACA JUGA:  Sekda Ketapang Minta Satpol PP Razia ASN yang "Ngantor" di Warung Kopi

Dia melanjutkan, kalau pengunjung dapat memesan makan dan minum di kantin kapal bahkan bisa bernyanyi lantaran pihaknya menyediakan fasilitas karoeke.

“Selain untuk menyusuri sungai, kapal wisata yang bersandar di Dermaga Saunan ini bisa dipesan untuk keperluan seperti rapat atau acara khusus lainnya,” pungkas Hadi. (Adi LC)

Comment