Tinjau Dermaga Tembilok, Sekda Alexander Sebut Bisa Jadi Objek Wisata dan Landmark Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo meninjau keberadaan Dermaga Tembilok di Desa Sei Awan Kanan, pada Senin (26/02/2024).

Usai meninjau Dermaga Tembilok, Alexander dan rombongan kemudian meninjau Dermaga Saunan di Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan.

Alexander pun meminta seluruh instansi terkait agar melakukan perekapan dan inventarisir terhadap infrastruktur dan bangunan pelabuhan yang ada.

Ia juga menjelaskan, bahwa pada tanggal 25 Januari 2024, ia mewakili Bupati Ketapang telah menandatangani penyerahan hibah pembangunan Dermaga Tembilok di Kementerian Perhubungan RI, di Jakarta.

Menurut Alexander, Dermaga Tembilok ini sangat strategis letaknya bagi Kabupaten Ketapang, dan banyak didukung oleh para pengusaha Ketapang.

“Setelah menerima hibah dari pemerintah pusat, maka Dermaga Tembilok secara administrasi dicatat dan menjadi aset Pemerintah Kabupaten Ketapang, dan satu-satunya pelabuhan milik pemerintah daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  Rakerda Hidayatullah Kabupaten Ketapang, Ini Pesan Bupati Martin Rantan

Alexander menambahkan, Dermaga Tembilok perlu ditata ulang, dari mulai sandaran kapal, penerangan, halaman parkir, taman, serta fasilitas bangunan dan pagar yang sebagian sudah rusak.

“Dermaga Tembilok ini resmi dihibahkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI ke Pemda Ketapang,” jelasnya.

Setelah meninjau dermaga tersebut, Alexander menilai, masih banyak hal yang harus dibenahi agar Dermaga Tembilok bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan daerah dan masyarakat Kabupaten Ketapang.

“Saya minta kepada Dinas Perhubungan Ketapang, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) untuk melakukan perekapan terhadap akses jalan, termasuk jembatan, bangunan pendukung, dermaga, pos serta surau agar dilakukan penaksiran harga, untuk kemudian dijadikan sebagai aset daerah dan perlahan mulai dilakukan pembenahan,” pintanya.

Baca Juga :  Buka Seminar Pendidikan Anak Usia Dini, Sekda Apresiasi Peran DPC GOPTKI Ketapang 

Selanjutnya, Alexander mengatakan, kalau ke depan, jika sarana dan prasarana Dermaga Tembilok sudah terealisasi, maka pemanfaatan dermaga bisa disesuaikan dengan regulasi yang ada, misalkan sebagai pelabuhan barang dan orang, pelabuhan bongkar muat CPO dan lain-lainnya.

“Jika pelabuhan sudah berfungsi, maka wilayah di sini akan berkembang. Masyarakat bisa membangun UMKM, jasa transportasi berjalan dengan baik, bahkan pelabuhan bisa menjadi objek wisata atau landmark Ketapang yang baru,” terangnya.

“Untuk itu, saya meminta dukungan semua pihak, terkhusus masyarakat Desa Sei Awan Kanan untuk mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Ketapang terhadap Dermaga Tembilok ini, minimal dengan turut serta menjaga aset-aset yang ada,” tambah Sekda. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment