by

Hijaukan Bumi Ketapang, Kapolres Yani Pimpin Gerakan Penanaman Pohon

KalbarOnline, Ketapang – Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana, memimpin gerakan penanaman pohon bertajuk “Menghijaukan Bumi Membirukan Langit”, Senin (15/08/2022), pukul 09.00 Wib.

Kegiatan ini dipusatkan di area lahan PT Mohairson Pawan Khatulistiwa (PT MPK), di Desa Sungai Awan, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Ketapang menyampaikan bahwa melalui gerakan penanaman pohon ini merupakan momentum bersama dalam merawat hutan dan lahan–dengan menanam pohon yang nantinya akan tumbuh besar dan dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat.

“Kita sadar, kita butuh lingkungan alam yang asri dan sehat, sehingga kedepannya pohon yang kita tanam ini akan tumbuh besar dan dapat bermanfaat nanti nya untuk anak cucu kita,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran Management PT MPK, Management PT Sinar Karya Mandiri ( SKM ), Camat Muara Pawan, Kapolsek Muara Pawan, IPDA Arifianto Hamzah, Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Ketapang, Lauri, Koramil Muara Pawan, Polwan Polres Ketapang, Tim Satgas Karhutla Polres Ketapang, Tim Satgas Manggala Agni Ketapang, Tim Satgas BPBD Ketapang serta Tim Relawan Karhutla Desa Sungai Awan.

Perwakilan management PT MBK, Ginanjar mengapresiasi kegiatan gerakan penanaman pohon yang diinisiasi Kapolres Ketapang beserta jajaran. Menurutnya, kegiatan ini sangat besar dampaknya terhadap masa depan hutan dan lingkungan.

“Kami management PT MBK menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Bapak Kapolres Ketapang atas inisiasi dan ajakan untuk menanam pohon, hal ini tentunya menyadarkan kami seluruh warga masyarakat untuk lebih peduli dalam keselamatan dan masa depan hutan di sekitar kita,” katanga.

“Dimana kita harapkan bersama nantinya 20 tahun mendatang, Kabupaten Ketapang akan hijau buminya dan biru langitnya, amin,” tambah Ginanjar.

BACA JUGA:  PT Arrtu Sebut Keributan di Lokasi Perkebunan Berawal Penangkapan DPO

Lebih jauh ditambahkannya, untuk mendukung inisiasi Kapolres Ketapang dalam menanam pohon, pihaknya telah menyiapkan sekitar 4200 hektare lahan untuk ditanami bibit pohon jelutung dan berbagai bibit pohon hutan lainnya. Sehingga apabila keseluruhan lahan telah ditanami bibit dan tumbuh subur, maka diyakini wilayah ini akan menjadi hutan yang lebat dan menghasilkan banyak oksigen yang dibutuhkan oleh manusia serta dapat menjadi rumah untuk berbagai satwa.

Kegiatan gerakan penanaman pohon ditutup dengan penanaman secara simbolis oleh Kapolres Ketapang terhadap bibit pohon jelutung dari media polybag ke area lahan–yang selanjutnya diikuti oleh seluruh peserta yang juga menanam bibit pohon di area tanam yang sudah disiapkan. (Adi LC)

Comment