Jagak Himbak bersama Foraska Serukan Pentingnya Menjaga Hutan

KalbarOnline, Pontianak – Berkenaan dengan momentum Hari Hutan Indonesia 2023, Jagak Himbak bersama Forum Alumni Amerika Serikat Khatulistiwa (Foraska) mengadakan kegiatan Eduwisata Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan Penanaman Pohon, pada Sabtu (26/08/2023) kemarin.

Acara yang berlangsung di Galeri Hasil Hutan Kalimantan Barat ini diawali dengan pembukaan, kemudian menanam puluhan bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon tabebuya, trembesi, pulai, meranti dan lain-lain.

Setelah melakukan penanaman pohon, para peserta yang terdiri dari berbagai komunitas dan pelajar, diajak mengelilingi galeri hasil hutan untuk menikmati suasana hutan kota, sambil melihat-lihat ada apa saja di sekitar galeri hutan sembari mencicipi madu kelulut.

Peserta juga diajak melihat produk-produk Hasil Hutan Bukan Kayu di Galeri Hasil Hutan Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Kerap Meresahkan, Pelaku Pencurian di Tanjung Harapan Pontianak Berhasil Diringkus Warga

“Kita ingin peserta tahu bahwa hutan itu kaya dan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia jika dikelola dengan baik dan bijak seperti hasil hutan bukan kayu diantaranya buah, obat-obatan, dan lain sebagainya,” jelas Sri Haryanti, Koordinator Jagak Himbak.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari peresmian Forum Alumni Amerika Serikat (Foraska) yang harapannya dapat menjadi wadah untuk para alumni saling terhubung dan berkontribusi dalam pembangunan dan pemajuan Kalimantan Barat khususnya.

“Kolaborasi bersama Foraska merupakan langkah aksi yang sesuai dengan visi dan misi kami bahwa kaum muda terlibat dalam menjaga hutan, karena kita jaga hutan maka hutan jaga kita,” sebutnya.

Baca Juga :  Lagi, Pontianak Siap Pecahkan Rekor MURI

Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jason Rebholz mengaku senang bisa datang dan turut serta dalam kegiatan ini.

“Senang bisa melihat hutan kota seperti ini, saya belum pernah melihat hutan di tengah-tengah kota. Saya senang bisa bertemu bersama teman-teman hari ini untuk ikut menanam pohon dan mencicipi madu yang langsung dari hutan, wah segar sekali,” ucapnya.

Jason mengatakan, bahwa menjaga hutan di seluruh dunia itu sangat penting, khususnya hutan di Kalimantan, karena itu salah satu isu yang penting dalam hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia.

“Mari kita bersama-sama menjaga hutan untuk generasi saat ini dan mendatang,” ajak Jason. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment