Pers Turut Berperan Mewujudkan Harmonisasi dan Toleransi di Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan: Mari Kita Bekerjasama

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Selain menyajikan berbagai informasi tentang rencana dan pelaksanaan pembangunan kepada masyarakat, pers juga turut berperan dalam mewujudkan hamonisasi dan toleransi di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Mari kita semua bekerjasama mewujudkan harmonisasi dan toleransi. Ini adalah modal utama kita untuk membangun daerah,”  kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, ketika menghadiri Syukuran Hari Pers Nasional (HPN) 2022, di Aula Bank Kalbar Cabang Putussibau, Rabu 16  Februari 2022.

Fransiskus Diaan mengatakan, selama ini pers di Kabupaten Kapuas Hulu aktif memberitakan pemerintahan.

Bang Sis–sapaan Fransiskus Diaan–mengaku merasakan betul peran aktif pers tersebut selama hampir satu tahun ia menjadi Bupati Kapuas Hulu.

“Banyak informasi yang disajikan terkait pelaksanaan pembangunan dan yang direncanakan Pemda, sehingga diketahui masyarakat,” kata Bang Sis.

Baca Juga :  Kapolres Kapuas Hulu Berikan Penghargaan kepada Anggotanya yang Berprestasi

Di tempat yang sama, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Frans Yohanes Siregar mengatakan, pers harus di depan dalam melawan hoaks yang mengancam kehidupan demokrasi.

Pers dibutuhkan dalam penyampaian informasi yang benar tentang Vaksinasi Covid-19 dan lainnya di Kapuas Hulu.

“Pers diharapkan bisa menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak. Ini penting demi Kapuas Hulu yang lebih baik lagi,” kata Frans.

Ketua Panitia HPN Kapuas Hulu 2022 Muhammad Fikri Timotius menegaskan, bahwa wartawan di Kapuas Hulu tetap memegang teguh UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Timotius juga memastikan kalau ia bersama rekan-rekan di Kapuas Hulu akan tetap mengedepankan etika dalam menjalan tugas-tugas jurnalistik.

Ia mengatakan, wartawan di Kapuas Hulu membuka diri terhadp masyarakat, lembaga dan lainnya untuk mewujudkan informasi yang berimbang dan menangkal hoaks.

Baca Juga :  Cegah Demam Berdarah, Bhabinkamtibmas Polsek Seberuang Dampingi Petugas Lakukan Fogging di Desa Tanjung Keliling

“Sehingga dapat sama-sama berkontribusi untuk persatuan bangsa, memajukan sumber daya manusia dan pembangunan daerah,” jelas Timotius.

Sementara itu, Ustaz Zainuddin yang mewakili masyarakat mengatakan, bahwa pembangunan daerah bertumpu pada stabilitas daerah.

“Berita yang disajikan sangat berpengaruh terhadap stabilitas daerah, maka dari itu informasi harus berimbang, jangan menjurus pada perpecahan,” harap Zainuddin.

Ia juga menyarankan agar pers terus bermitra dengan berbagai tokoh, pemerintah, aparat dan lembaga lain.

Halini sangat penting karena semuanya memiliki peran masing-masing dalammembangun Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kami berharap insan pers dapat semakin terdepan dalam memberi informasi yang akurat dan berimbang,” tutup Zainuddin.(*)

Comment