Banyak Nyawa Selamat karena Deteksi Dini Kanker, Lismaryani: Khususnya Kanker Payudara dan Leher Rahim

KalbarOnline, Pontianak – Pemeriksaan berkala untuk deteksi dini kanker dapat menyelamatkan banyak nyawa di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

“Khususnya kanker payudara dan leher rahim,” kata Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar Ny Lismaryani Sutarmidji, Rabu 16 Februari 2022

Lantaran deteksi dini, ungkap Lismaryani, pada  2021 diketahui ribuan pasien kanker dapat ditangani di RSUD Soedarso Pontianak, baik yang rawat jalan, rawat inap maupun dirujuk ke Jakarta.

“1.966 kunjungan pasien kanker rawat jalan dan 1.151 kunjungan rawat inap. Rujukan berobat ke Jakarta 159 kasus,” kata Lismaryani.

Baca Juga :  Lismaryani Terpukau dengan Keindahan Riam Parangek

Penanganan menjadi lebih baik, karena keberadaan kanker diketahui lebih awal melalui pemeriksaan untuk deteksi dini ini.

Deteksi dini kanker ini, jelas dia, di antaranya melalui pemeriksaan IVA dan Sadanis bagi masyarakat umum, khususnya wanita usia subur.

Seperti Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim di Aula II RSUD dr Soedarso yang digelar PKK Kalbar ini.

Baca Juga :  Pengobatan Kanker Selama Pandemi Sebaiknya Tidak Ditunda

Lismaryani mengatakan, deteksi dini merupakan wujud komitmen bersama mencegah tingginya angka kematian akibat kanker.

Olehkarenanya, Lismaryani mengajak seluruh wanita Kalbar memeriksakan diri secara berkala ke Fasilitas Kesehatan untuk mencegah kanker.

Lismaryani mengingatkan, kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular yang angka kematiannya masih cukup tinggi di Indonesia.

Pencegahan dan penanggulangan kanker, menurut Lismaryani, akan berhasil jika dilaksanakan secara terintegrasi dan menyeluruh dengan dukungan lintas sektor.(*)

Comment