Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Dorong Pengrajin Tingkatkan Kualitas Sidan

Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Dorong Pengrajin Tingkatkan Kualitas Sidan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kapuas Hulu menggelar pelatihan untuk para pengerajin tenun di Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat, 12 November 2021.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Kapuas Hulu tersebut juga dilaksanakan secara virtual dengan Ketua dan jajaran pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat. Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini beserta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.

Pelatihan kali ini mengangkat tema “Peningkatan Kehalusan dan Modifikasi Kain Tenun Sidan”.

Baca Juga :  Wabup Anton Tegaskan Pendistribusian Rastra Tepat Sasaran

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Angeline Fremalco Fransiskus Diaan mengungkapkan, pelatihan yang dilakukan itu tujuannya untuk meningkatkan kualitas kain tenun tersebut.

“Tenun Sidan ini memang mencuri perhatian kita semua, karena hanya ada di Kapuas Hulu, maka kita ingin  memperhalus dan meng upgradenya,” ungkap Angeline.

Dirinya berpesan kepada 20 peserta pelatihan yang terpilih agar bisa mengikuti kegiatan dengan disiplin dan sungguh-sungguh.

Baca Juga :  Bupati Sis Pancangkan Tiang Pertama Pembangunan Gedung Paroki Putussibau

“Di sini kita semua belajar, kita belajar teknik kepada narasumber, sehingga bisa sedikit demi sedikit meningkatkan kualitas tenun Sidan, sehingga bisa digunakan lebih banyak, kemudian dari segi pendapatan pengerajin juga bisa mendapatkan nilai tambah,” papar Angeline Fremalco.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, peningkatan kualitas penting, maka perlu dilakukan pelatihan.

“Kain Tenun Sidan ini bisa membawa nama Kapuas Hulu terkenal, jadi kita punya warisan leluhur yang luar biasa,” tuturnya.

Comment