PJ Gubernur Kalbar Kukuhkan Ayah dan Bunda GenRe Kapuas Hulu, Bupati Sis: Kami Siap Jadi Motivator Untuk Meningkatkan Kualitas SDM

KalbarOnline, Putussibau – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harrison mengukuhkan Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Ketua TP PKK Kapuas Hulu, Angeline Fremalco sebagai Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu.

Pengukuhan itu dilakukan di Rumah Jabatan Dinas Bupati Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, pada Rabu (11/10/2023).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson yang juga Bunda GenRe Provinsi Kalbar, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, Forkopimda Kapuas Hulu, instansi vertikal, para pimpinan dan jajaran OPD di lingkungan Pemprov Kalbar dan Kapuas Hulu serta tamu undangan lainnya.

Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Ishaq)
Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Ishaq)

Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa dengan dikukuhkan dirinya sebagai Ayah dan Bunda Generasi Berencana (GenRe), semakin dapat mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda di daerah itu agar dapat merencanakan masa depan yang berkualitas.

“Kami siap menjadi motivator untuk meningkatkan kualitas generasi muda, dengan membuka ruang berdiskusi, jadi kami sangat mendukung penuh promosi dan sosialisasi program GenRe di Kabupaten Kapuas Hulu,” tegas Bupati Fransiskus Diaan.

Baca Juga :  Harisson dan Windy Kick Off Gota Stunting PUPR Kalbar dan Bank Indonesia

Pria yang karib disapa Bang Sis tersebut sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu, yang diharapkan bermanfaat bagi Duta GenRe Kabupaten Kapuas Hulu.

“Bagaimana anak-anak remaja kita di Kabupaten Kapuas Hulu dalam kehidupannya, bisa terus diberikan edukasi bagaimana menjadi generasi berencana, karena anak remaja sangat rentan dengan hal yang negatif,” tuturnya.

Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Ishaq)
Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Ishaq)

Maka menurut Bang Sis, kegiatan ini merupakan suatu yang sangat positif bagi kelangsungan generasi muda di Kabupaten Kapuas Hulu, agar menghindari pergaulan bebas dan narkoba.

“Kami sangat berharap kepada duta GenRe di Kabupaten Kapuas Hulu agar selalu mengarahkan kepada generasi muda lainnya agar  menggunakan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat dan positif,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harrison menyampaikan, bahwa pada intinya, konsentrasi program GenRe saat ini tengah diarahkan kepada upaya penurunan stunting.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Nostalgia Saat Bertugas Sebagai Dokter di Puskesmas Teluk Batang

“Berbicara stunting, kalau pengalaman saya, kita harus langsung turun ke posyandu-posyandu untuk memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu serta edukasi di sekolah-sekolah terhadap pentingnya kesehatan reproduksi dan gizi,” ungkapnya.

Foto bersama usai acara pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Ishaq)
Foto bersama usai acara pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu. (Foto: Ishaq)

Makanya, kata dia, pernikahan dini harus dicegah, dan remaja putri harus dibekali pengetahuan tentang pentingnya pengetahuan kesehatan reproduksi dan gizi.

“Ilmu gizi harus terus disosialisasikan, bagaimana pola asuh dan sebagainya. Pemberian makan pada Bayi MP Asi, apalagi di Kapuas Hulu ini banyak ikan,” ucap Harisson.

Pj Gubernur berharap, kegiatan ini dapat membuahkan hasil maksimal dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Selamat kepada Bapak Bupati Kapuas Hulu (Fransiskus Diaan) dan Ibu (Angeline Fremalco) yang telah dikukuhkan sebagai Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kapuas Hulu,” pungkas Pj Gubernur  Harisson. (Ishaq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment