Sekda Mohd Zaini Dorong Pengrajin Sidan Lakukan Regenerasi

Sekda Mohd Zaini Dorong Pengrajin Sidan Lakukan Regenerasi

Dukung Pengembangan Sidan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini menghadiri pelatihan peningkatan kehalusan dan modifikasi Kain Tenun Sidan di Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021 bertempat di Pendopo Bupati Kapuas Hulu, Jumat pagi, 12 November 2021.

Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini menyampaikan apresiasi kepada Dekranasda Provinsi Kalbar dan Kabupaten Kapuas Hulu yang telah menyelenggarakan pelatihan.

“Peningkatan kualitas ini sangat penting, karena berkaitan dengan pemasaran dan sebagainya. Maka kami harapkan para peserta bisa manfaatkan waktu secara maksimal, berusaha meningkatkan kualitas dan belajar bersama dari para narasumber,” kata Sekda.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Safari Ramadhan Perdana di Masjid Agung Darunnajah Putussibau

Sekda berharap ke depan Kain Tenun Sidan tidak hanya dibuat ketika ada yang memesan, namun bisa diproduksi untuk dipasarkan lebih luas.

“Kita harapkan juga Tenun Sidan nantinya bisa memiliki standarisasi harga jual, sehingga ketika kita melakukan promosi penjualan tidak ada perbedaan yang signifikan,” saran Sekda.

Sekda juga meminta peserta yang ikut dalam pelatihan bisa menularkan ilmu yang didapat kepada pengerajin yang belum bisa ikut.

“Regenerasi perlu dilakukan, anak-anak muda bisa diajak untuk mengembangkan tenun Sidan. Pemkab Kapuas Hulu sangat mendukung upaya pengembangan kain tenun Sidan, supaya bisa diminati tingkat nasional bahkan internasional, seperti di negara tetangga Malaysia,” kata Sekda.

Baca Juga :  Resmikan Wisata Danau Bungkang, Wahyudi Hidayat Harap Jadi Nilai Tambah Pendapatan Masyarakat

Sementara Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Ny. Lismaryani Sutarmidji menyambut baik pelatihan ini, guna peningkatan kapasitas dan daya saing pengerajin yang ada di Kalbar, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Untuk itu kami berharap agar dinas-dinas, stakeholder yang ada bisa mendukung upaya Dekranasda dalam mengembangkan kerajinan daerah, sehingga semakin tumbuh dan berkembang,” harap Lismaryani.

Lismaryani memastikan bahwa Dekranasda tetap berkomitmen meningkatkan sinergi, untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan yang ada di Kalbar.

“Peningkatan regenerasi pengerajin dengan sasaran anak-anak muda milenial di setiap daerah harus terus didorong, untuk meningkatkan karya tenun di Kalbar,” katanya.

Comment