Pembangunan Inklusif, Kunci Pemkab Kapuas Hulu Turunkan Angka Kemiskinan

Pembangunan Inklusif, Kunci Pemkab Kapuas Hulu Turunkan Angka Kemiskinan

Minta OPD susun program yang berkaitan dengan penurunan kemiskinan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menegaskan, penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mempertimbangkan sedikitnya empat prinsip utama yang komprehensif.

“Empat prinsip itu di antaranya perbaikan dan pengembangan sistem perlindungan sosial, peningkatan akses dasar pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin, dan pembangunan yang inklusif,” kata Wabup Wahyudi saat membuka Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021 di Aula Bappeda Kapuas Hulu, Selasa, 7 September 2021.

Lebih lanjut Wabup Wahyudi mengatakan, mengacu pada prinsip utama tersebut, penanggulangan kemiskinan dilakukan dengan strategi yaitu mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro serta kecil, dan membentuk sinergi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan.

Baca Juga :  Resmikan Menara Masjid di Embaloh Hilir, Bupati: Kapuas Hulu Bukan Saja Maju Dari Segi Bangunan Tetapi Juga Dari Segi Rohani

Dalam RPJMD Kabupaten Kapuas Hulu 2021-2026, kata Wabup, target penurunan angka kemiskinan yang ingin dicapai di antaranya tahun 2022 sebesar 8,60 persen, tahun 2023 sebesar 8,45 persen, tahun 2024 sebesar 8,15 persen, tahun 2025 sebesar 7,45 persen dan tahun 2026 sebesar 7,50 persen.

Wabup Wahyudi pun mengingatkan dan mohon perhatian yang serius agar semua kepala perangkat daerah dapat menjabarkan apa yang tertuang dalam RPJMD tersebut di atas ke dalam rencana strategis OPD masing-masing.

“Susunlah program dan kegiatan yang bersentuhan langsung dalam upaya kita menurunkan kemiskinan di Kabupaten Kapuas Hulu dan kepada Bappeda untuk mengasistensinya,” kata Wabup.

Baca Juga :  Peringatan Sumpah Pemuda ke-89, MPC PP Kapuas Hulu Ziarah ke Makam Kusfery

Menutup sambutannya, Wabup Wahyudi yang sekaligus Koordinator Penangulangan Kemiskinan memohon kerjasama, kaloborasi dan sinergitas dari semua pihak terkait agar bisa menurunkan angka kemiskinan di Kapuas Hulu.

Rakor yang mengusung tema percepatan penanggulangan kemiskinan melalui intervensi program dan kegiatan perangkat daerah serta penguatan peran koordinasi TKPKD Kabupaten Kapuas Hulu itu dihadiri para Pimpinan OPD terkait di lingkungan Kapuas Hulu, Asisten II, Kepala Badan Pusat Statistik Kapuas Hulu, Kepala Bulog Putussibau, Camat Putussibau Selatan, Camat Putussibau Utara, Tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD) Kabupaten Kapuas Hulu dan para tamu undangan.

Comment