by

17 Desa di Kubu Raya Jadi Prioritas Zona Vaksinasi

17 Desa di Kubu Raya Jadi Prioritas Zona Vaksinasi

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan keseriusan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Ia menyebut ramainya masyarakat yang mengikuti vaksinasi di Kantor Bupati beberapa waktu lalu sebagai indikator tingginya antusiasme warga terhadap program vaksinasi.

Karena itu, pihaknya akan memfokuskan vaksinasi dengan sistem sebaran per desa dan dusun. Prioritas utamanya menyasar 17 desa yang tersebar di empat kecamatan, yakni Sungai Kakap, Sungai Raya, Sungai Ambawang, dan Rasau Jaya.

“Vaksinasi massal sejak 6-31 Juli nanti dilakukan secara masif sekaligus disusun berdasarkan zona-zona dari desa prioritas, yaitu 17 desa di Sungai Kakap, Sungai Raya, Sungai Ambawang, dan Rasau Jaya,” tutur Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis (8/7/2021).

Muda menjelaskan 17 desa menjadi prioritas mengingat letaknya sebagai hinterland kota Pontianak dengan jumlah penduduk yang padat dan mobilitas yang tinggi. Karena itu, diprioritaskan untuk percepatan-percepatan per dusun.

17 desa tersebut yakni Desa Pal 9, Desa Sungai Rengas, Desa Sungai Kakap, dan Desa Punggur Kecil di Kecamatan Sungai Kakap. Kemudian Desa Sungai Raya Dalam, Desa Sungai Raya, Desa Parit Baru, Desa Teluk Kapuas, Desa Arang Limbung, Desa Limbung, Desa Kuala Dua, Desa Kapur, dan Desa Mekar Baru di Kecamatan Sungai Raya.

Kemudian Desa Ambawang Kuala, Desa Ampera Raya, Desa Mega Timur, dan Desa Sungai Malaya di Kecamatan Sungai Ambawang. Terakhir Desa Rasau Jaya Satu hingga dermaga di Kecamatan Rasau Jaya.

“Bagi warga masyarakat di 17 desa ini, ayo kita sama-sama lakukan percepatan. Karena ini semua adalah demi kepentingan kita untuk saling melindungi dan membuat daerah kita tetap produktif. Agar desa-desa di mana kasus konfirmasi positif menunjukkan angka yang cukup tinggi, di sinilah kita utamakan supaya terjadi proses di mana masyarakat mengejar kekebalan kelompok,” tuturnya.

Terkait hal itu, Muda mengajak kepala desa dan pemangku kepentingan terkait bersatu menyukseskan program vaksinasi Covid-19 di Kubu Raya.

“Saatnya kita bersatu padu. Cara kita untuk terhindar dari bahaya Covid-19 tidak lain adalah kita upayakan memperkuat imunitas tubuh kita dengan cara vaksinasi dan sekaligus untuk melindungi diri kita dan keluarga,” ujarnya.

“Saatnyalah kita berjuang saat ini. Caranya yaitu kita melindungi orang dan orang melindungi kita. Mari sama-sama kita kejar ketenangan ini karena saat ini situasi pandemi di Indonesia juga sangat mengkhawatirkan,” ujarnya.

Terkait desa-desa lain di luar 17 desa tersebut, dirinya mengatakan para kades akan berkomunikasi dengan puskesmas untuk menjadwalan vaksinasi.

“Silakan kades untuk berinisiatif mendaftarkan itu kepada puskesmas-puskesmas yang ada di kecamatan masing-masing dan nanti akan dijadwalkan oleh puskesmas-puskesmas yang ada di situ,” tutupnya.

Comment

Terbaru