Kesbangpol Ketapang Perkuat Sinergi dengan Ormas Dukung Kebijakan Pemerintah Atasi Corona

Kesbangpol Ketapang Perkuat Sinergi dengan Ormas Dukung Kebijakan Pemerintah Atasi Corona

KalbarOnline, Ketapang – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ketapang terus bekerja sama dengan Organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di Ketapang untuk berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Di Ketapang sendiri terdapat ratusan Ormas di bawah pembinaan Kesbangpol. Sejak virus Corona mulai masuk ke Indonesia, ormas-ormas di Ketapang telah melakukan berbagai kegiatan sosial dalam upaya menangkal penyebaran virus asal China ini dengan membagikan maskes dan penyemprotan cairan disinfektan.

Plt Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ketapang, Mustaan berharap peran Ormas dalam bekerja dama dengan pemerinatah untuk memutis mata rantai penyebaran viris ini terus gencar seperti pada 2020 lalu ketika awal terjadi.

“Kita sudah surati dan ada juga disampaikan langsung meminta Ormas ikut serta. Kerja sama kita sudah sejak awal adanya covid di Ketapang pada 2020 lalu. Diantaranya berperan aktif mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Tambah 8.700 Orang, DKI Jakarta Sumbang Hampir Separuh

Ia mengaku kalau memang tidak ada melakukan pertemuan secara resmi mengumpulkan ormas-ormas. Lantaran kendala biaya dan protokol covid untuk tidak berkegiatan menimbulkan kerumunan.

“Tapi alhamdulillah surat kita mendapat sambutan positif oleh Ormas-ormas,” ujarnya.

Menurutnya, bahkan ada Ormas yang melakukan kegiatan bagi-bagi masker dan handsanitaizer serta kegiatan lainnya tahun pada 2020 lalu.

“Kalau 2021 ini memang kita lihat Ormas membagikan masker kurang. Memang ada saat membagikan takjil sekalian masker pada Ramadan kemaren,” tuturnya.

“Tapi tidak seperti 2021 lalu banyak Ormas bagikan masker di lampu merah bahkan langsung ke pemukiman. Namun saya menilai bukan mereka tidak berperan aktif lagi memberantas covid. Hanya kondisi sekarang beda, lihat saja hampir semua masyarakat sudah memakai masker,” sambungnya.

Baca Juga :  Pimpin Rapat Penanggulangan Bencana Banjir, Sekda Ingatkan Semua Jajaran Harus Responsif

Sebab itu, dikatannya gerakan Ormas sekarang hanya mengajak masyarakat terutama di sekitarnya agar menjaga kesehatan. Di antaranya selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dan tidak menimbulkan berkerumun.

“Kita juga selalu mengimbau melalui media sosial secara pribadi maupun grou WhatsApp untuk Ormas dibawah naungan Kesbangpol. Melalui group ini kita mensosialisasikan dan mengajak Ormas untuk berperan aktif,” ungkapnya.

Ia berharap Ormas-ormas di Ketapang terus bersinergi dengan Pemeintah untuk melakukan kegiatan yang dapat memutus mata rantai penyebaran  virua Corona.

“Harapan kita tak hanya pada petugas dan Ormas tapi seluruh masyarakat khususnya Ketapang. Semoga semua bersama-sama menjaga kesehatan masing-masing dan saling mengigatkan untuk penerapan Prokes,” tandasnya. (Adi LC)

Comment