Sejumlah ASN Pemerintah Kabupaten Ketapang Terima Penghargaan

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo menyerahkan penghargaan kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang saat memimpin Apel Gabungan ASN di Halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin (12/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran ASN se-Kabupaten Ketapang pada tahun 2023 lalu telah berhasil meraih berbagai prestasi dan membanggakan bagi Kabupaten Ketapang.

“Saya berharap hal-hal yang sudah baik ini, yang sudah kita capai dengan bekerja keras dan kerjasama ini dapat kita pertahankan,” ujarnya.

Sekda menyebut, keberhasilan tersebut bukan hanya kerja sendiri tetapi kerja bersama seluruh jajaran ASN.

“Mari kita jaga kekompakan, kesolid-an, kerja dengan baik, profesional, dedikasi, berintegritas, karena maju mundurnya daerah ini juga tergantung pada kita sebagai mesin pembangunan,” ucap Sekda.

“Jadi harapan saya keberhasilan dapat pertahankan dan ditingkatkan ditahun-tahun mendatang,” timpalnya.

Terkait penilaian pelayanan publik kepada OPD yang mendapat warna merah, Sekda berharap hal tersebut dijadikan pemicu semangat agar semakin lebih baik.

Baca Juga :  Makan Ketupat Colet Bersama, Farhan:  Saya Harap Ini Terus Dilakukan Jelang Hari Jadi Ketapang

“Tidak perlu merasa minder, rendah diri, janganlah itu dianggap sebagai hukuman tetapi menjadi motivasi kita untuk semakin baik,” tegasnya.

Sekda berharap kedepan seluruh OPD dapat menerima warna biru artinya nilai terbaik, tidak ada warna-warna lain lagi.

“Mengukur kinerja birokrasi yaitu dengan diukur pelayanannya, kalau pelayanan kita semakin baik artinya birokrasi di Pemerintah Kabupaten Ketapang ini juga semakin baik, yang mengukur bukan kita tetapi orang lain,” tuturnya.

Oleh karena itu, terkait keterbukaan informasi Sekda minta kepada Kominfo Ketapang agar melakukan penilaian terhadap OPD-OPD yang terinfomatif.

“Kita harus menunjukkan bahwa kita sudah berubah, menyesuaikan dengan tuntutan masyarakat, kemajuan global, bahwa kita bisa menyesuaikan diri dan semakin baik,” ujarnya.

Oleh karena itu, Sekda menyebut ukuran buktinya ada, yaitu dengan indek pelayanan di Kabupaten Ketapang semakin baik, indek birokrasi reformasi yang sebelum tidak tercapai sekarang bisa mencapai nilai B serta Pemkab Ketapang sekarang bisa menjadi rangking 100 besar se-Indonesia.

Baca Juga :  Warga Resah Truk Pengangkut Babi Potong Sebarkan Bau Busuk dan Rembesan Air 

“Hal ini saya harapkan jadi motivasi kita, bekerjalah sebaik-baiknya, bekerja yang kreatif, inovatif dan berprestasi,” harap Sekda.

Terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu) Pileg dan Pilrpes, Sekda berharap para ASN bisa menjadi perekat kesatuan NKRI. Ia menegaskan jangan lagi ada kejadian yang mencoreng nama baik ASN.

“Intinya jaga kode etik, tadi dibacakan panca satya Korpri, jadi kita ikuti dengan sebaik-baiknya, hayati dan laksanakan. Jadilah perekat persatuan, masyarakat persatuan, bangsa dan negara kita,” pungkasnya.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Sekda juga menyerahkan piagam penghargaan Indek Reformasi Birokrasi Tahun 2023 kepada seluruh ASN yang diterima Asisten bidang Administrasi Umum sebagai ketua Strategic Transformation Unit (STU) Reformasi Birokrasi dan penghargaan serta penilaian-penilaian lainnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment