Bupati Fransiskus Diaan Tegaskan Kapuas Hulu Akan Tetapkan Siaga Darurat Asap

Segera bentuk Satgas Komando Karhutla

KalbarOnline, Pontianak – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menegaskan, akan segera menetapkan status siaga darurat asap. Hal ini dilakukan, dalam rangka menanggulangi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Tak hanya itu, pihaknya juga akan membentuk satuan tugas (Satgas) komando pencegahan dan penanggulangan kabut asap akibat karhutla hingga tingkat kecamatan dan desa.

“Kami akan tetapkan status siaga darurat penanggulangan bencana kabut asap serta membetuk Satgas Komando Karhutla hingga ke tingkat desa di wilayah Kapuas Hulu,” kata Bupati dalam sambutannya pada Rakor dan FGD Stakeholder terkait dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kapuas Hulu, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga :  Tinjau Jalan Simpang Kenerak - Menapar, Bupati Sis: Anggaranya Sudah Ada, Rp 7 Miliar

Bupati menegaskan, Satgas Komando Karhutla dibentuk sampai ke tingkat desa bertujuan agar ada rantai komando yang jelas dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla. Dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla, ditegaskan Bupati, diperlukan sinergitas dan kerjasama semua pihak baik oleh pemerintah, swasta organisasi sosial sampai elemen lapisan masyarakat.

Baca Juga :  Semarak HUT GOW ke-21, Wakil Bupati Kapuas Hulu Buka Kegiatan Sunatan Massal

“Persoalan Karhutla tanggungjawab kita semua agar terwujud langit biru bebas Karhutla, jaga sinergitas dan energik agar selalu terjalin kebersamaan melakukan sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat,” tandasnya.

Dalam rakor ini, tampak hadir Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Kapolres Kapuas Hulu serta unsur forkopimda Kapuas Hulu lainnya. (Ishaq)

Comment