Dalam Seminggu Desa Piasak Kapuas Hulu Mampu Kirim Lima Ton Kerupuk Kering ke Luar Kota

Dalam Seminggu Desa Piasak Kapuas Hulu Mampu Kirim Lima Ton Kerupuk Kering ke Luar Kota

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi, Kabupaten Kapuas Hulu, Hasnul Shabri mengatakan, kerupuk kering memang yang menjadi sentra saat ini. Khususnya yang berada di daerah kecamatan selimbau, Jongkong dan Putussibau termasuk juga Kecamatan Embaloh dan Bunut.

“Jadi khusus untuk kerupuk kering ini, memang yang menjadi sentra kita saat ini, itu berada di beberapa kecamatan,” katanya saat ditemui di Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Kamis (7/1/2021).

Hasnul mengatakan, Kecamatan seperti Embaloh dan Bunut ikanya banyak dikirim ke Putussibau, ibu kota Kapuas Hulu, untuk pengolahannya lebih lanjut. Hasil olahan itu lalu didistribusikan dari Putussibau ke daerah lainya. Ini berbeda dengan yang berada di Kecamatan Selimbau dan Jongkong, dimana pengolahan ikan diproses sendiri menjadi kerupuk kering.

Baca Juga :  Bazar Murah, Wujud Dekat dan Hadirnya Batalyon Walet Sakti di Tengah Rakyat 

“Ikan di Embaloh dan Bunut itu dikirim ke Putussibau berbeda dengan kecamatan Selimbau dan Jongkong,” katanya.

Kerupuk kering dari Kapuas Hulu biasanya dipasarkan di kabupaten Sintang dan kota Pontianak. Hasnul menuturkan dari informasi yang ia dapat, khusus kerupuk kering dari daerah Piasak kecamatan Selimbau dikirim keluar daerah hingga lima ton dalam satu minggu. Pengiriman menggunakan motor Bandung ke kabupaten Sintang, ini sudah berlangsung sejak lama.

Husnul menilai industri pangan khususnya kerupuk kering itu sangat menjanjikan bagi masyarakat di pesisir sungai Kapuas. Apalagi potensi ikan di Kapuas Hulu yang luar biasa banyak, cenderung mengarahkan potensi ekonomi masyarakat pesisir sungai Kapuas lebih pada industri pangan, khususnya produk kerupuk kering.

Baca Juga :  Masjid Silaturrahmi Hilir Kantor Terima Satu Ekor Sapi Kurban dari Bank Kalbar

“Sekarang ini kemungkinan sudah ada belasan merek untuk produk kerupuk kering, ada yang dijual ke pasar Pontianak, Sintang serta ke daerah pulau Jawa. Permintaan yang paling banyak itu daerah Sintang dan Pontianak,” ucapnya.

Hasnul menyampaikan masyarakat Desa Piasak kecamatan selimbau ini mungkin sudah lama mengirimkan kerupuk kering ke luar kota seperti ke sintang dan Pontianak, karena tumpuan hidup masyarakat piasak kecamatan  Selimbau saat ini, bagi para pelaku industri kecil menengah, sebagian besar membuat kerupuk kering, kerupuk basah tapi juymlahnya tidak sebanyak kerupuk kering.

Comment