Perlu Inovasi, Bawaslu Sebut Kampanye Virtual Kurang Diminati

KalbarOnline.com – Kampanye di tengah masa pandemi Covid-19 memang berbeda. Seperti kegiatan lainnya, kampanye lewat plaform digital alias secara virtual bisa jadi salah satu alternatif.

Kendati demikian, diungkapkan, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja, metode kampanye virtual kurang diminati. Sehingga banyak masyarakat belum tahu visi, misi dan program dari peserta pilkada.

Untuk itu, dirinya berharap, peserta Pilkada serentak 2020 bisa melakukan inovasi dalam tahapan kampanye virtual. “Inovasi bertujuan agar visi dan misi peserta pilkada sampai kepada para pemilih,” ujar Bagja kepada wartawan, Senin (16/11).

  • Baca Juga: KPU: Males Kampanye Daring, 77 Persen Cakada Pilih Tatap Muka
Baca Juga :  Tak Penuhi Kuota, Timsel Bawaslu Kalbar Perpanjang Masa Pendaftaran Hingga 9 Juli

Bagja menambahkan kegiatan rapat umum atau tatap muka antara peserta pilkada dan masyarakat dibatasi, hanya dibolehkan sebanyak 50 orang. Jika jumlahnya melebihi maka akan diberikan sanksi yang berlaku. Arak-arakan juga tidak dibolehkan sampai hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

“Kami sarankan tetap utamakan kampanye daring. Untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Jangan sampai ada yang terkena Covid-19,” katanya.

Diketahui, Pilkada serentak 2020 akan diselenggarakan di 270 wilayah di Indonesia pada 9 Desember 2020 mendatang. Jumlah tersebut terdiri dari pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati.

Baca Juga :  Hadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di Ketapang, Ini Kata Bawaslu RI

Adapun pemilihan gubernur dan wakil gubernur berlangsung di sembilan provinsi. Yakni Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sementara pemilihan wali kota dan wakil wali kota akan dilaksanakan di 37 kota yang tersebar di 32 provinsi. Sedangkan pemilihan bupati dan wakil bupati bakal digelar di 224 kabupaten.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment