Kodim 1206 Putussibau Siap Dukung dan Kawal Pemilu 2024

KalbarOnline, Putussibau – Mewakili Dandim 1206/Putussibau, Kasdim 1206/Putussibau, Mayor Inf Supriyono bersama Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu menghadiri kegiatan Apel Siaga Panitia Pengawas Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Kegiatan itu bertempat di Gedung Indoor Volly Putussibau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (28/12/2023).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat. Tampak hadir kala itu, Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar, Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini, Kasatpol PP Kapuas Hulu, Bahtiar, Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Musta’an dan tamu undangan Lainnya.

Dalam kesempatan itu disebutkan, kalau jumlah anggota PPKD se Kapuas Hulu sebanyak 282 orang, yang siap menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu tingkat kelurahan dan desa. Hal ini sebagai wujud komitmen Bawaslu Kapuas Hulu untuk mengawal pelaksanaan pemilu yang jujur, adil dan berintegritas.

Baca Juga :  Kendati Berhasil Turunkan Karhutla, Gubernur Kalbar Tetap Minta Semua Pihak Siaga dan Waspada

Melalui apel tersebut, seluruh stakeholder diajak untuk bersinergi dalam mengawasi jalannya kampanye pemilu.

Dalam apel tersebut juga disampaikan ikrar Pengawas Pemilu Kabupaten Kapuas Hulu, diantaranya:

  1. Menjunjung tinggi netralitas, integritas, profesionalisme, dan berpegang pada kode etik penyelenggara pemilu dalam pengawasan tahapan kampanye pemilu 2024 dengan penuh tanggung jawab.
  1. Menegakkan kepastian hukum demi terwujudnya pemilu demokratis sesuai asas luber jurdil.
  1. Menjalankan dengan sungguh Sungguh pengawasan, pencegahan dan penindakan, pelanggaran tahapan kampanye.
  1. Menciptakan kondisi pemilu damai di Kabupaten Kapuas Hulu tanpa hoaks, isu SARA dan ujaran kebencian.
  1. Mendorong keterlibatan masyarakat dalam Pengawasan pemilu partisipatif.
Baca Juga :  Puluhan Ribu Pendukung Padati Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di Semarang

Pada kesempatan yang sama, Kepala Staf Kodim 1206/Putussibau, Mayor Inf Supriyono menyampaikan, Kodim 1206 Putussibau siap mendukung Bawaslu Kapuas Hulu dalam mengawasi pelaksanaan pemilu.

Dia  menegaskan, bahwa TNI/Polri akan selalu bersinergi dengan Bawaslu untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilu nanti.

“Sehingga (pemilu) berjalan dengan aman dan damai,” kata Mayor Inf Supriyono. (Pendim 1206/Psb/Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment