by

Polisi Diselamatkan Apple Watch saat Sedang Menangkap Penjahat

KalbarOnline.com – Apple Watch diketahui telah menyelamatkan cukup banyak nyawa selama bertahun-tahun karena fitur yang dimilikinya. Sebagian besar nyawa pengguna Apple Watch dapat diselamatkan melalui fitur pemantauan jantung dan Elektrokardiogram (EKG) yang memperingatkan pemakainya akan potensi masalah kesehatan sebelum terlambat.

Sekarang tampaknya Apple Watch telah menyelamatkan kehidupan lain, tetapi dengan cara yang berbeda. Adalah Sgt. Sosa dari Departemen Kepolisian Tertinggi di Kantor Sheriff Pinal County, Arizona, Amerika Serikat (AS) yang beberapa waktu lalu diselamatkan nyawanya oleh perangkat Apple Watch.

Dilansir dari AppleInsider, dirinya mengungkapkan bahwa saat itu dia sedang berusaha untuk menangkap penjahat yang dicari. Tak menduga, ketika melakukan proses penangkapan tersebut, Sosa justru mendapat perlawanan dari penjahat dan menikamnya.

Selama perjuangan untuk membawa penjahat berlutut ke tanah, mikrofon Sosa dicabut dari radionya yang mencegahnya untuk menghubungi petugas operatornya, Gloria Wheeler. Karena Wheeler tidak dapat menghubungi Sosa melalui radio, dia kemudian mencoba meneleponnya, yang kemudian berhasil menjawab panggilan di Apple Watch-nya di mana dia meminta bantuan dari petugas lain untuk membantu menyelesaikan penangkapan.

Ia juga sempat meminta ambulans untuk dikirim ke lokasinya setelah tersangka menikam kakinya. Wheeler menerima penghargaan atas tindakannya yang membantu menyelamatkan nyawa Sosa.
“Petugas operator menyelamatkan hidup saya karena saya dapat terus berjuang, dan dia dapat mengirimkan sumber daya yang saya butuhkan di luar sana,” ungkap Sosa.

Seperti sudah disinggung di atas, Apple Watch telah terhubung ke banyak insiden berbeda yang menyelamatkan nyawa. Seperti kasus pada 2017 seorang wanita menelepon 911 dari Apple Watch-nya setelah kecelakaan mobil, ketika iPhone-nya di luar jangkauan.

Fungsi lainnya, termasuk deteksi jatuh dan fitur yang berhubungan dengan jantung, juga telah dikreditkan untuk membantu menyelamatkan nyawa banyak orang. Dengan fitur tersebut, perangkat mampu secara cepat dan cerdas menghubungi pihak terkait dalam hal ini rumah sakit atau kantor polisi untuk penanganan segera.

Comment

News Feed