by

Manfaat Infused Water dari Buah dan Sayur

Bosan minum air putih biasa? Well, kenapa Kamu tidak mencoba infused water dari buah, sayuran, atau malah menggabungkan beberapa buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat sekaligus. Tidak hanya menyegarkan, infused water dari buah dan sayur memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kita loh! Ya, infused water merupakan cara terbaik untuk mendapatkan sebagian besar obat penyembuh alami yang ada di sekitar Kamu.

“Ada tiga elemen penting yang diperlukan tubuh kita untuk menopang kehidupan, yakni udara atau oksigen, air, dan nutrisi dari makanan. Hidrasi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan pada tingkat sel, di mana setiap sel dalam tubuh manusia bergantung pada air untuk fungsi yang tepat,” kata Robert Parker, BS, DC, dokter yang juga pemilik Parker Health Solutions.

Sementara itu, USDA menjelaskan, “Apakah diminum dari keran atau didapatkan dari makanan, air memiliki manfaat kesehatan yang penting. Konsumsi air yang tidak memadai dapat menyebabkan kejang otot, disfungsi ginjal, peningkatan risiko kanker kandung kemih, dan bahkan kematian.” Minum infused water dari buah-buahan atau sayuran merupakan cara cerdas untuk melembapkan dan membersihkan tubuh tanpa kelebihan gula dan kalori.

Ya, ada banyak manfaat kesehatan dari infused water, termasuk mengontrol nafsu makan, hidrasi, pertahanan kekebalan tubuh, pencegahan mulas, regulasi gula darah, dan manajemen berat badan. Namun, pastikan Kamu hanya menggunakan buah dan sayur segar. Infused water adalah cara bagus untuk menjaga diri Kamu tetap terhidrasi.

Baca juga: Manfaat Minum Jus Buah Bagi Kesehatan

Manfaat Infused Water dari Buah dan Sayur

Berikut ini adalah manfaat infused water daru buah dan sayur:

1. Meningkatkan Sistem imun

Apel: Sumber serat dan gula alami yang memiliki banyak manfaat. Namun, bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat, tapi juga kulitnya. Ya, kulit apel mengandung kuersetin, sejenis pigmen tanaman flavonoid yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kamu dan mengurangi peradangan. Jadi, pastikan untuk mengiris apel dengan kulitnya untuk ditambahkan ke dalam infused water yang Kamu buat.

Lemon: Mengandung antioksidan vitamin C. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang baik, lemon dapat membuat kulit lebih sehat, kekebalan tubuh yang lebih kuat dan menjaga tekanan darah.

Jahe: Obat herbal untuk demam, gangguan pencernaan, perut kembung dan mual. Menurut buku Healing Foods yang diterbitkan oleh DK Publishing House, jahe terdiri dari gingerol yang memiliki efek analgesik, obat penenang, antipiretik, dan antibakteri. Komponen lain yang terkandung dalam jahe adalah antioksidan.

Baca juga: Amankah Minum Infused Water saat Sahur?

2. Mencerahkan Kulit

Jeruk Nipis: Kaya akan antioksidan seperti vitamin C, asam sitrat, dan flavonoid, jeruk nipis dapat mencerahkan kulit Kamu secara alami. Ya, jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah. Jadi, daripada meletakkan jeruk nipis di wajah, lebih baik Kamu mencampurnya ke dalam air untuk dibuat infused water.

Timun: Kaya akan antioksidan dan sifat mendinginkannya akan membantu meremajakan kulit Kamu. Mengandung vitamin C, mentimun dapat mengurangi pembengkakan, mengatasi iritasi kulit, retensi air, dan juga mencerahkan kulit Kamu. So, tambahkan irisan timun ke air putih dan diamkan selama 3 jam sebelum diminum.

Daun Mint: Karena sifat anti mikroba yang kuat, daun mint dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai infeksi kulit seperti jerawat, eksim, kulit terbakar dan ruam serta membuat kulit tampak bercahaya.

3. Menurunkan Berat Badan

Kiwi: Buah dengan sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik. Dalam satu penelitian, 41 orang dengan prediabetes makan dua buah kiwi per hari selama 12 minggu. Hasilnya, kadar vitamin C di tubuh mereka lebih tinggi. Selain itu, mereka mengalami penurunan tekanan darah dan lingkar pinggang.

Kiwi memiliki GI (indeks glikemik) yang rendah. Selain itu, kiwi kaya akan serat makanan. Satu kiwi kecil yang dikupas (69 gram) memiliki lebih dari 2 gram serat. Sedangkan kulitnya menyediakan 1 gram serat tambahan. Diet tinggi serat dari buah-buahan dan sayuran telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan.

Apel: Buah yang dapat meningkatkan metabolisme dan memperlambat proses penuaan karena mengandung antioksidan kuat. Selain itu, apel bisa mendetoksifikasi tubuh Kamu dari racun. Lantaran memiliki banyak vitamin, Kamu akan memliki lebih banyak energi usai makan apel. Singkatnya, apabila Kamu minum infused water dengan tambahan apel, dapat menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat.

Baca juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Referensi:

TasteofHome. 23 Infused Water Ideas That Will Make You Forget About Soda

PRAIRIE VIEW A&M University. Health Benefits of Infused Water

NDTV. Boost Immunity And Lose Weight With This Lemon-Mint-Ginger Detox Water (Recipe Inside)

Healthline. The 11 Best Fruits for Weight Loss

Comment

Terbaru