Makanan untuk Menurunkan Berat Badan, Harus Dicoba!

Ladies, apakah Kamu penasaran makanan apa saja yang bisa membuat berat badan turun drastis? Berdasarkan studi di jurnal Nutrients, para peneliti menemukan bahwa, wanita yang gemar mengonsumsi makanan untuk menurunkan berat badan seperti buah dan sayuran tertentu secara teratur, dikaitkan dengan penurunan berat badan jangka panjang.

“Meskipun jumlah kalori dalam makanan memengaruhi rasa kenyang, makanan tertentu akan membuat rasa kenyang bertahan lama. Namun, bergantung pada banyak faktor, di antaranya ukuran porsi makanan yang dikonsumsi. Yang terpenting, Kamu tidak perlu makan berlebihan untuk merasa kenyang,” kata Barbara Rolls, ahli gizi di Penn State University. Jadi, jika Kamu ingin membuang lemak di tubuh, pastikan untuk mengisi keranjang belanjaan dengan buah dan sayuran ini ya!

Baca juga: 5 Teh yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Nah, makanan berikut ini diduga ampun untuk menurunkan berat badan:

Kembang Kol

Sayuran terbaik untuk dikonsumsi wanita, terutama mereka yang berusia 33 hingga 51 tahun yang ingin menurunkan berat badan. Kembang kol memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk vitamin C, B, dan K.

Labu Kuning

Sayuran terbaik di posisi kedua untuk wanita yang ingin menurunkan berat badan adalah labu kuning.

Buncis

Sayuran mengandung berbagai vitamin (C, K, dan A), karatenoid, antioksidan, dan serat. Tidak heran, buncis bisa menjadi pilihan bagi Kamu yang ingin menurunkan berat badan, Gengs!

Baca Juga :  Selesaikan Masalah Stunting dengan Aksi-aksi Nyata, Harisson: Makanya Saya Sering Turun ke Posyandu

Seledri

Makanan super sehat yang sering dikonsumsi oleh pelaku diet, baik pria maupun wanita. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, seledri bisa membuat berat badan Kamu tetap stabil. Satu cangkir penuh seledri hanya mengandung sekitar 14 kalori.

Wortel

Sumber beta-karoten yang luar biasa. Secangkir wortel mentah mengandung sekitar 184 persen dari nilai harian vitamin A.

Baca juga: Mau Coba Puasa Air? Kenali Dulu Dampaknya bagi Tubuh!

Sayuran Berdaun Hijau

Kale, selada, bayam, dan kangkung merupakan beberapa jenis sayuran berdaun hijau yang bisa membuat berat badan Kamu turun.

Brussel Sprouts

Kubis Brussels ini sering dikaitkan dengan penurunan berat badan untuk wanita berusia 46 hingga 51 tahun. Sayuran dengan nama latin Brassica oleracea var. gemmifera ini rendah kalori, namun tinggi serat, vitamin, dan antioksidan.

Paprika

Bisa membantu Kamu membakar kalori. Secangkir paprika dapat memberi Kamu vitamin C hingga tiga kali lipat dari jumlah yang disarankan per hari. Selain itu, paprika dapat membantu mencegah hormon stres dalam tubuh yang terkait dengan penyimpanan lemak di perut.

Bluberi

Buah-buahan yang mengandung serat dan nutrisi baik ini sering dikaitkan dengan penurunan berat badan wanita.

Baca Juga :  Upaya Turunkan Stunting, Pemkot Lakukan Intervensi Spesifik

Alpukat

Dalam penelitian yang terbit di Nutrition Journal, peserta yang diberi makan siang setengah alpukat mengungkapkan bahwa mereka lebih kenyang dibandingkan mereka yang tidak makan alpukat. Mengonsumsi alpukat akan meningkatkan asupan serat, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan mata Kamu. Alpukat mengandung sekitar 20 vitamin, mineral dan antioksidan.

“Untuk meningkatkan rasa kenyang, kunyah alpukat dengan perlahan dan sajikan dalam potongan kecil. Jika suka, Kamu bisa menambahkan paprika merah yang dipotong dadu dan juga kenari cincang untuk menambah protein,” ungkap Azmina Govindji, ahli nutrisi yang juga juru bicara di British Dietetic Association.

Apel

Penelitian yang dilakukan Barbara mengungkapkan bahwa, pastisipan yang makan apel sebelum makan siang, mengonsumsi kalori lebih sedikit, sekitar 15 persen. Itu karena, apel mengandung serat sekitar 5 gram. “Tapi, ketika orang dibersi porsi jus apel yang memiliki kandungan serat sama, mereka makan lebih banyak. Jadi, konsumsi apel dalam bentuk potongan, bukan jus,” tutur Barbara.

Baca juga: Lagi Turunkan Berat Badan? Awas Jangan Tersesat oleh 5 Mitos Diet Ini!

Referensi:

Eat This, Not That! These Foods Drive the Most Weight Loss for Women, Says New Study

Women’sHealth. Best Foods for Weight Loss: These 15 Eats Keep You Fuller, for Longer

Comment