by

Beda Jenis Beda Manfaatnya, Yuk Cari Tahu Manfaat Kesehatan Setiap Jenis Teh

Teh adalah minuman yang disukai banyak orang, tak terkecuali orang Indonesia. Bahkan, mungkin hampir setiap hari kita minum teh. Teh ada banyak jenisnya, dan masing-masing jenis memiliki khasiat kesehatan tersendiri.

Geng Sehat perlu tahu manfaat kesehatan setiap jenis teh sehingga bisa mengetahui teh apa yang perlu dikonsumsi untuk mencapai tujuan tertentu. Yuk, cari tahu apa saja manfaat kesehatan setiap jenis teh!

Baca juga: 5 Teh yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Manfaat Kesehatan Setiap Jenis Teh

Setiap jenis teh memiliki komponen yang berbeda-beda di dalamnya, sehingga manfaatnya juga bisa berbeda-beda.

1. Teh Hitam Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Saat Kamu mengalami diare, cobalah minum teh hitam yang dicampur dengan air lemon atau jeruk nipis. Minum teh hitam dengan campuran perasan air lemon dapat meredakan ketidaknyamanan dan gejala diare.

Teh hitam kaya akan kandungan tanin, yang merupakan bahan anti-inflamasi. Selain itu, tidak hanya dapat membantu mengatasi nyeri perut, konsumsi teh hitam secara rutin juga meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Teh Hijau Meredakan IBS

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan salah satu penyakit pencernaan yang cukup umum. Penyakit ini umumnya memiliki gejala nyeri perut, kembung, diare, dan konstipasi. Ternyata, minum teh hijau secara rutin dapat meredakan kondisinya. Teh hijau mengandung polifenol, yang dapat meredakan inflamasi pada usus akibat IBS.

3. Teh Hijau Membantu Membakar Kalori

Kalau Kamu mau tetap fit dan aktif, cobalah minum secangkir teh setiap hari. Teh hijau khususnya dikenal dengan khasiatnya terhadap sistem metabolisme tubuh, termasuk proses pembakaran kalori. Kalau Kamu mau menurunkan berat badan, di samping olahraga, Kamu juga bisa minum teh hijau secara rutin.

BACA JUGA:  Yuk, Bikin Dalgona Coffee yang Viral di Tengah Pandemi Coronavirus

4. Teh Lemon Membantu Meredakan Flu

Saat ini sedang musim hujan, sehingga wabah flu juga semakin meningkat. Kalau Kamu sedang flu, cobalah minum lemon tea atau teh lemon secara rutin. Teh lemon membantu membuka rongga hidung. Batuk dan bersin berulang kali juga bisa menyebabkan pembengkakan di tenggorokan. Nah, minum teh lemon membantu meredakan gejala tersebut.

Baca juga: Gemar Minum Teh? Meski Sehat, Tetap Waspada Efek Sampingnya!

5. Teh Chamomile Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur dan Meredakan Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Stres berkepanjangan bisa menyebabkan gangguan kecemasan dan depresi. Nah, minum teh chamomile bisa membantu meredakan stres. Kalau Kamu sulit tidur, cobalah minum teh chamomile di malam hari, untuk membantu Kamu mengatasi hal tersebut.

6. Teh Hijau Mencegah Jerawat dan Membuat Kulit Wajah Bercahaya

Kamu boleh saja menggunakan obat dari dokter untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Namun selain itu, Kamu juga bisa minum teh hijau secara rutin. Teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan dan keremajaan kulit wajah.

7. Teh Hitam dan Teh Hijau Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh kaya akan antioksidan. Secara khusus, teh hitam dan teh hijau memiliki manfaat kesehatan untuk jantung. Minum teh hitam dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Sementara itu, teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

8. Teh Hijau Membantu Mencegah Diabetes

Teh kaya akan polisakarida dan katesin, keduanya dapat menjaga agar kadar gula darah tetap berada di jangkauan normal. Teh hijau khususnya kaya akan polifenol, yang dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

BACA JUGA:  Mau Coba Puasa Air? Kenali Dulu Dampaknya bagi Tubuh!

9. Teh dapat Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang disebutkan di atas, teh kaya akan antioksidan. Tidak hanya dapat memperlambat proses penuaan, teh juga bisa meningkatkan kekuatan sistem imun. Antioksidan di dalam teh membantu regerenasi sel, sehingga mencegah Kamu mudah sakit. (UH)

Baca juga: Sering Minum Teh Hijau Bikin Hidup Lebih Lama?

Sumber:

LifeHack. The Positive Impact That Drinking Healthy Tea Can Bring to Your Life.
Real Simple. 6 Healthy Types of Tea. Juli 2019.

Comment

Terbaru