Selain Jeruk, Ini 8 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Seperti yang diketahui, vitamin C sangat penting bagi tubuh. Selain menjaga fungsi tubuh secara keseluruhan, vitamin ini juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga melindungi tubuh dari penyakit. Vitamin C biasanya terdapat pada buah dan sayuran.

Buah Jeruk dianggap sebagai buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Namun, sebenarnya masih banyak buah yang kandungan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Apa saja? Yuk mari kita cari tahu bersama!

Baca juga: Penyebab Sariawan Bukan Hanya Kurang Vitamin C

Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Berikut ini buah-buahan yang kaya vitamin C, yang bisa Geng Sehat konsumsi setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh”

1.Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu buah sumber vitamin C. Bahkan jambu biji memiliki jumlah vitamin C dua kali lipat dibandingkan jeruk. Satu buah jambu biji, dengan berat 100 gram, memiliki lebih dari 200 mg kandungan Vitamin C (sesuai USDA). Jambu biji kaya akan antioksidan, vitamin C, kalium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

2.Kiwi

Buah kecil ini memiliki banyak rasa dan manfaat bagi kesehatan. Kiwi juga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain itu, kiwi juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan penyembuhan luka, memperlancar pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya.

Baca Juga :  Kenapa Sih Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Sushi?

3.Nanas

Buah Nanas dikemas dengan nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit. Selain itu, Nanas juga mengandung vitamin A dan K, fosfor, seng, dan kalsium. Buah ini sangat kaya vitamin C dan mangan, masing-masing menyediakan 131% dan 76% dari rekomendasi harian.

Baca juga: Tinggi Vitamin C, Bolehkah Bayi Makan Nanas?

4.Mangga

Mangga adalah buah rendah kalori yang tinggi serat. Selain itu, buah ini juga menjadi sumber vitamin A dan C. Satu buah Mangga (165 gram) menyediakan hampir 70% RDI vitamin C dan 10% dari kebutuhan vitamin A harian. Masih banyak nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah Mangga seperti folat, B6, zat besi dan kalsium, seng dan vitamin E.

5.Pepaya

Christopher Columbus, seorang penjelajah Italia pernah menyebut pepaya sebagai buah para malaikat. Pepaya merupakan buah yang tinggi vitamin C dan A, serta serat dan senyawa yang menyehatkan. Buah yang sangat kaya vitamin C ini memiliki berbagai manfaat kesehatan sehingga menjadi pilihan buah yang bagus untuk dimasukkan dalam daftar makanan Kamu.

Baca Juga :  Korpri Disporapar Terus Rutin Lakukan Pendampingan ke Anak Asuh Stunting

6.Semangka

Semangka adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Menurut USDA, satu irisan semangka mengandung sekitar 23 mg vitamin C, yaitu sekitar 30 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Banyak orang menyukai buah semangka karena rasanya yang manis dan segar, sangat cocok dikonsumsi saat musim panas.

7.Stroberi

Sekitar lima buah stroberi besar menyediakan 32 kalori dan hampir 59 miligram vitamin C atau 98 persen dari nilai harian. Berdasarkan beratnya, 10 stroberi besar kurang lebih sama dengan satu jeruk besar. Menurut USDA, Satu liter stroberi segar rata-rata mengandung sekitar 350 persen dari nilai harian vitamin C.

8.Pisang

Pisang merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, terutama kalium, vitamin B6, dan vitamin C. Satu buah pisang memiliki 16% serat, 15% vitamin C, dan 11% kalium yang dibutuhkan setiap hari untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: Bolehkah Penderita Maag Makan Pisang?

Sumber Referensi:

Times of India: Guava has more Vitamin C than oranges and can reverse ageing

Healthline : 8 Impressive Health Benefits of Pineapple

Healthyeating : Do Stawberries Have More Vitamin C Than Oranges?

Verywellfit : 15 Foods That Are High in Vitamin C Search

Comment