Kenapa Tiba-tiba Ngidam Makanan Ini, Ya?

Mungkin Geng Sehat punya waktu-waktu di mana sangat ingin makan es krim ataupun makanan spesifik lainnya. Kenapa tiba-tiba ngidam makanan ini ya? Ternyata, ada penjelasan psikologis di balik hal tersebut.

Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kondisi-kondisi psikologis, seperti stres, gangguan kompulsif obsesif, atau gangguan perkembangan. Nah, untuk tahu lebih jauh tentang penyebab tiba-tiba ngidam makanan atau minuman tertentu, yuk baca penjelasan di bawah ini!

Baca juga: 6 Makanan yang Mirip Organ Tubuh Beserta Manfaatnya

Penyebab Tiba-tiba Ngidam Makanan atau Minuman Tertentu

Berikut penyebab tiba-tiba ngidam beberapa makanan atau minuman yang cukup umum:

Es Krim

Ternyata, penyebab tiba-tiba ngidam es krim bisa jadi karena nyeri perut atau masalah pencernaan. Pernahkah Kamu makan besar tapi setelahnya langsung ngidam es krim? Hal ini bisa jadi disebabkan karena es krim berperan melawan heartburn dan keasaman di dalam perut. Selain itu, penyebab tiba-tiba ngidam es krim juga bisa karena Kamu sedang stres atau kekurangan zat besi.

Pasta

Pasta merupakan makanan kaya karbohidrat yang disukai banyak orang. Karbohidrat sendiri merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Tapi, apa sih penyebab tiba-tiba ngidam makanan kaya karbohidrat seperti pasta?

Kemungkinan besar penyebabnya karena Kamu sedang kekurangan nutrisi atau kalori. Khususnya di cuaca dingin, rasa ingin mengonsumsi makanan kaya karbohidrat akan meningkat tajam.

Kamu boleh-boleh saja makan pasta jika lagi ngidam. Tapi, sebagai rekomendasi buatlah pasta sehat dengan menggunakan lemak sehat, serta campuran sayuran untuk menambah protein.

Selai Kacang

Banyak orang yang berpikir bahwa penyebab ngidam selai kacang adalah karena sedang menjalani diet rendah lemak. Namun ternyata, diet rendah karbohidrat-lah yang lebih memungkinkan menyebabkan Kamu jadi ingin makan yang manis-manis, termasuk selai kacang.

Baca Juga :  Wabup Ketapang Ajak Semua Pihak Wujudkan Zero Stunting

Ketika Kamu menghindari konsumsi karbohidrat, Kamu pasti jadi lebih ingin makan yang manis-manis. Jika Kamu menahan konsumsi makanan yang manis-manis, biasanya Kamu mulai akan merasa bahwa selai kacang terasa lebih manis dan lebih enak.

Menurut beberapa orang yang menjalani diet rendah karbohidrat, mereka memang mengaku bahwa sulit berhenti mengonsumsi selai kacang saat sedang diet.

Soda

Soda, khususnya diet soda, mengandung banyak bahan kimia. Soda mengandung bahan-bahan kimia yang bisa memicu rasa ingin terus mengonsumsinya. Pemanis dan bahan-bahan penyedap lain di dalam soda bisa membuat Kamu ingin terus minum soda.

Dari semua bahan kimia di dalam soda, kafein memiliki kontribusi tertinggi sebagai penyebab rasa adiktif dalam minuman tersebut. Jadi, kalau Kamu tiba-tiba ngidam minum soda, maka kemungkinan penyebabnya karena belakangan ini Kamu memang sedang sering minum soda.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Beras yang Paling Sehat

Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memberikan sensasi panas ketika kita mengonsumsinya. Namun, kalau Kamu tiba-tiba ngidam makanan pedas, maka kemungkinan hal tersebut karena Kamu juga sedang merasa panas.

Makanan pedas memberikan efek mendinginkan setelah dikonsumsi. Ketika makan pedas, Kamu akan mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar ini akan memberikan sensasi mendinginkan pada kulit.

Selain itu, ngidam makanan pedas juga bisa menjadi indikasi bahwa Kamu sedang mengalami masalah metabolisme. Bisa saja penyebabnya adalah ketidakseimbangan tiroid, atau mungkin karena Kamu terlalu banyak mengonsumsi camilan manis.

Baca Juga :  Cegah Coronavirus, Ini Tips Aman Pesan Makanan Lewat Ojek Online

Keju

Hampir semua orang suka makan keju. Keju adalah makanan berlemak, yang pada umumnya sehat untuk dikonsumsi. Keju berlemak bahkan termasuk jenis yang paling sehat, karena melewati proses pengolahan yang minim. Keju berlemak juga jenis keju yang paling memuaskan jika dikonsumsi.

Lalu, apa artinya jika tiba-tiba Kamu ngidam keju? Ini bisa berarti Kamu kekurangan konsumsi lemak. Selain itu, ngidam keju juga berarti bahwa Kamu memerlukan lebih banyak asupan vitamin D.

Permen

Permen adalah makanan manis yang menyegarkan. Ketika Kamu ngidam makan permen, disertai dengan rasa lelah, mengantuk, atau tidak bersemangat, maka ini bisa menjadi pertanda kadar gula darah Kamu rendah.

Ketika kadar gula darah turun, tubuh meresponnya dengan mencari energi secara cepat, dan energi itu ada dalam bentuk gula. Namun, kalau kadar gula darah Kamu memang sedang benar-benar turun, maka solusi yang lebih baik adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau gula yang cepat meningkatkan gula darah.

Coklat

Menurut penelitian ilmiah, makan coklat membuat kita lebih bahagia. Menurut beberapa ahli, ngidam coklat bisa menjadi pertanda bahwa mood Kamu sedang tidak baik. Jadi, ketika Kamu sedang merasa bosan, tidak bahagia, atau tidak bersemangat, konsumsilah coklat untuk meningkatkan mood. (UH)

Baca juga: Bolehkah Mencuci Buah dan Sayuran dengan Sabun?

Sumber:

INSIDER. Weird food cravings and what they mean. September 2017.
Mashed. Weird food cravings and what they really mean. April 2020.

Comment