by

Kenali Manfaat Mangga dan Aneka Olahannya

Lagi musim mangga. Bingung mau diolah apalagi? Nah Geng Sehat kita kenalin yuk apa saja aneka olahan mangga. Selain enak, tentunya bermanfaat untuk kesehatan.

Mangga dikenal sebagai buah musiman. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat mangga menjadi favorit di masyarakat Indonesia. Aneka jenis mangga pun ditemukan di wilayah Indonesia- mangga arumanis, manalagi, mangga gedong gincu, mangga cengkir, mangga alpukat, mangga golek.

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Mangga

Kandungan Nutrisi pada Buah Mangga

Di balik manisnya rasa mangga, manfaat kesehatan banyak terkandung di dalamnya. Studi ilmiah menunjukkan bahwa mangga kaya akan serat, quercetin, kaempferol, vitamin E, β-karoten, dan vitamin C. Seperti diketahui, serat memiliki peran fisiologis di usus di mana membantu makanan tercerna dengan baik.

Quercetin, kaempferol, vitamin E, dan β-karoten diketahui sebagai sumber antioksidan tinggi. Vitamin C memiliki fungsi menjaga daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, dan membantu penyerapan zat besi.

Mangga juga mengandung mineral penting antara lain kalium, selenium, tembaga, zink, fosfor. Kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 84% dari setiap 100 gram mangga, menjadikan mangga sebagai pilihan untuk dibuat minuman juice.

Studi terbaru menunjukkan bahwa mangga memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi gula kristal, sebagai pengganti yang bagus untuk gula tebu. Kandungan kalori yang rendah memiliki kemampuan untuk memperbaiki profil lemak dan menstabilkan gula darah.

Baca juga: Yuk, Sumbang Buah untuk Perbaikan Gizi

Berbagai Olahan Mangga

Tak hanya kaya manfaat kesehatan, mangga juga kaya untuk dijadikan olahan menu yang enak dan menggugah selera. Kita intip yuk apa saja menu olahan dari mangga.

1. Sambal Mangga

Bagi pecinta sambal, makan tanpa sambal rasanya ada yang kurang. Mangga muda bisa kamu olah jadi sambal, Gengs. Mangga diiris seperti korek api, lalu diulek dengan cabe merah, cabe rawit, gula merah dan garam. Dimakan ditemani nasi hangat dan teri, pasti dijamin kamu bakal nambah lagi.

2. Juice Mangga

Hayo siapa yang tidak suka juice mangga. Rasanya yang manis, segar dan dingin- dingin saat diminum, memudarkan rasa dahaga di kala cuaca panas. Kamu tinggal masukan potongan mangga, es batu ke dalam blender, serta bisa tambahkan air gula atau susu kental manis sesuai selera.

Baca juga:Miliki Indeks Glikemik Rendah, Apa Saja Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes?

3. Es Krim Mangga

Es krim mangga jarang ditemukan di toko, nah mumpung musim mangga, kamu bisa membuat sendiri di rumah. Es krim berbahan dasar mangga bisa jadi alternatif buat camilan si kecil di rumah, Moms. Mangga, whipping krim, susu kental manis, tiga bahan yang Moms bisa pakai untuk membuat es krim.

4. Ketan Mangga

Kuliner khas Thailand yang dikenal dengan sebutan Mango Sticky Rice. ini bisa menjadi alternatif camilan atau hidangan penutup (dessert). Perpaduan ketan, potongan mangga segar disiram saus santan kental yang gurih, menjadikan hidangan ini enak disantap sesudah makan utama.

5. Puding Mangga

Tidak kalah menyegarkan, puding mangga pun bisa dijadikan sebagai olahan pencuci mulut. Tekstur puding yang lembut dan rasanya yang manis bisa menjadi pilihan favorit di keluarga kamu. Kamu pun bisa berkreasi dengan aneka bentuk puding juga topping untuk bikin tambah semangat saat menyantapnya.

6. Selai Mangga

Selama ini yang dikenal selai strawberry dan selai nanas. Tidak ada salahnya Gengs mencoba berkreasi membuat selai mangga. Dengan bahan mangga, gula pasir dan kayu manis, kamu bisa bikin selai mangga untuk teman makan rotimu.

Baca juga: Bolehkah Mencuci Buah dan Sayuran dengan Sabun?

7. Ice Mango Tea

Bosan sama teh manis atau teh lemon, kamu bisa cobain bikin teh rasa mangga (Ice Mango Tea), Gengs. Minuman dingin ini bisa jadi alternatif menikmati sore harimu yang ceria. Tidak perlu ke café, ice mango tea sudah serasa minum di café.

8. Dried Mangga

Nah punya mangga berlebih di rumah dan takut busuk, kamu bisa berkreasi untuk membuat manisan mangga (Dried Mango). Olahan ini bisa sebagai alternatif camilan sehatmu selama lebih banyak di rumah di masa pandemi ini.

Ternyata buah mangga bisa dibuat banyak kreasi olahan ya Gengs. Tidak hanya menyehatkan, namun juga membuat suasana makan jadi lebih semangat. Yuk, tunjukan kreasi olahan manggamu. Mumpung long weekend nih.

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mangga?

Referensi

1. Fahrul N, et al. 2020. Mango Sugar Rich in Vitamin C: A Potency for Developing Functional Sugar Rich in Antioxidants. Current Developments in Nutrition, Vol. 4 (2). p. 765.

2. Resep Olahan Mangga. https://cookpad.com/id

3. https://sajiansedap.grid.id/search?q=mangga

Comment

News Feed