by

Pemkab Gelar Rakor Bersama Tenaga Pendamping Desa

Pemkab Gelar Rakor Bersama Tenaga Pendamping Desa

KalbarOnline, Kubu Raya – Dalam rangka meningkatkan indeks desa membangun, Pemerintah Kubu Raya menggelar rapat koordinasi dengan 47 orang Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI). 47 orang TPPI tersebut, merupakan pelaksana Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) yang akan ditugaskan di tiap-tiap tingkatan yakni tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa.

Bupati Kabupaten Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan dengan mengambil tema data dan informasi program sebagai instrumen pengendalian dan peningkatan kualitas pendamping desa, merupakan upaya mengsingkronisasikan data-data rumah tangga agar lebih valid serta efektif.

“Sandarannya tetap by name by adress yang ada di Dukcapil, namun kondisi dilapangannya dapat ditinjau kembali dan disesuaikan agar dapat sejalan dengan kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten,” ucap Bupati Muda Mahendrawan di temui di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (28/7/2020).

Validasi data rumah tangga, terang Bupati juga berpengaruh kepada RPJMDes supaya perencanaan lebih tepat dan terhindar dari kesalahan-kesalahan.

“Apalagi terhadap pemulihan ekonomi klaster UMKM harus tepat, apakah UMKM pengelola, produksi, serta sektor-sektor lainnya. Termasuk program PKK agar Dasa Wismanya terus bergerak terutama ditingkat RT,” tegas Bupati Muda Mahendrawan.

Berdasarkan data yang dihimpun 47 TPPI terdiri dari lima orang tenaga ahli untuk tingkat Kabupaten. 22 orang pendamping tingkat Kecamatan, serta 20 orang pendamping lokal desa. (ian)

Comment

News Feed