Warga Ajukan Perbaikan Jembatan, Pemerintah Desa Tak Ada Realisasi

KalbarOnline, Kubu Raya – Jembatan kayu yang sudah rapuh ini terletak di belakang Puskesmas Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Kendati jembatan ini telah berumur kurang lebih 20 tahun dan mengalami kerusakan yang lumayan berat, namun warga sekitar masih menggunakannya untuk kebutuhan penyeberangan sehari-hari.

Berbagai upaya pun telah diusahakan warga sekitar agar jembatan tersebut diperbaiki, namun hingga kini masih belum terlihat adanya upaya konkret yang dilakukan dari pemerintah desa setempat.

“Seringkali kami mengajukan perbaikan ke pemerintahan desa, dan kami sering melihat orang mengukur jembatan tersebut, tapi tak ada tindakan atau upaya perbaikan sampai sekarang,” kata Syarif Rahim selaku RT setempat, Rabu (27/09/2023).

Kondisi jembatan kayu di belakang Puskesmas Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. (Foto: Reza Aurli Firmansyah/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023)
Kondisi jembatan kayu di belakang Puskesmas Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. (Foto: Reza Aurli Firmansyah/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023)

Menurut pantauan di lapangan, dengan kondisi lantai jembatan yang sudah rapuh dan miring serta bergelombang, jembatan tua ini sudah tak layak lagi digunakan. Meskipun begitu, para warga tetap nekat melintasi jembatan tersebut walaupun membahayakan.

Baca Juga :  Melangkah Maju Mewujudkan Edukasi Gambut dan Mangrove di Kubu Raya

“Mau gimana lagi, hanya ini jembatan yang bisa kita gunakan, jembatan sebelah sudah tak bisa digunakan, jadi terpaksa kami menyebrang lewat jembatan yang ini,” kata salah seorang warga setempat yang biasa dipanggil Mak Da.

Baca Juga :  Sinergi Polda Kalbar dan Bea Cukai, Gagalkan Penyelundupan Sabu Seberat Hampir Satu Kilo

Mak Da dan warga lainnya sangat berharap, jembatan tersebut segera diperbaiki guna memudahkan aktivitas mereka sehari-hari, dan masyarakat tak perlu takut lagi untuk melintasi jembatan tersebut.

“Lantai jembatan pun sudah longgar, setiap motor lewat berbunyi-bunyi, harapan kami jembatan ini cepat diperbaiki,” timal Ros, warga lainnya.

Penulis: Reza Aurli Firmansyah/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023.

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment