Amankah Menggunakan Minyak Kayu Putih saat Hamil?

Minyak kayu putih merupakan bahan alami yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan telah lama digunakan sebagai obat alami di berbagai negara. Namun, bagaimana jika digunakan untuk ibu hamil? Amankah menggunakan minyak kayu putih saat hamil? Ketahui penjelasan selengkapnya, yuk!

Amankah Menggunakan Minyak Kayu Putih saat Hamil?

Saat hamil, Mums menjadi lebih berhati-hati sebelum menggunakan produk apapun karena dikhawatirkan bisa berdampak pada tubuh ataupun janin. Oleh karena itu, beberapa Mums merasa penasaran, sebenarnya amankah menggunakan minyak kayu putih saat hamil?

Menggunakan minyak kayu putih saat hamil, terutama dengan cara dioleskan maupun dihirup tergolong aman pada usia kehamilan berapapun. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan minyak kayu putih saat hamil secara berlebihan di kulit. Hal ini untuk mengurangi risiko iritasi pada kulit.

Beberapa Mums sering kali menggunakan minyak kayu putih saat mengalami morning sickness atau mual. Jika mual selama kehamilan tak kunjung membaik, bahkan hingga mengganggu aktivitas Mums, segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Seperti Apa Tempat Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua?

Manfaat Menggunakan Minyak Kayu Putih saat Hamil

Setelah mengetahui aman tidaknya menggunakan minyak kayu putih saat hamil, Mums juga perlu mengetahui berbagai manfaat minyak kayu putih. Berikut manfaat menggunakan minyak kayu putih saat hamil yang perlu Mums ketahui!

Baca Juga :  Yuk, Sumbang Buah untuk Perbaikan Gizi

1. Meredakan Stres

Salah satu manfaat menggunakan minyak kayu putih saat hamil ialah meredakan stres. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam diffuser saat beristirahat agar Mums merasa lebih tenang dan santai. Mums juga bisa mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih ke pergelangan tangan, di bawah kaki, atau belakang telinga.

2. Meringankan Nyeri

Saat hamil, banyak perubahan yang Mums alami. Beberapa Mums mungkin akan merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Dengan sifat antiiflamasi yang terkandung dalam minyak kayu putih, Mums bisa mengoleskannya pada bagian tubuh yang sering nyeri, seperti punggung maupun kaki.

Baca juga: 6 Keluhan yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil

3. Membantu Menutrisi Rambut

Manfaat menggunakan minyak kayu putih saat hamil lainnya adalah membantu menutrisi rambut. Jika rambut Mums kusam, kering, dan rapuh, cobalah untuk mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada kulit kepala. Kandungan dalam minyak kayu putih dapat merangsang folikel rambut dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu menutrisi dan mendorong pertumbuhan rambut.

Baca Juga :  Suami Ejakulasi Terbalik, Promil Semakin Susah?

4. Mencegah Gigitan Serangga

Minyak dari kayu putih merupakan bahan alami yang digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk maupun serangga. Oleh karena itu, minyak kayu putih diyakini dapat mencegah gigitan serangga.

5. Membantu Mengeluarkan Lendir

Pernahkah Mums batuk terus-menerus dan sulit sekali mengeluarkan lendir atau dahak? Nah, minyak kayu putih dapat mengatasi kondisi yang kurang nyaman ini. Untuk membantu mengeluarkan dahak dan meringankan batuk, Mums cukup mengoleskan minyak kayu putih atau menghirup uap dari air hangat yang telah ditetesi minyak kayu putih.

Baca juga: Amankah Suplemen Melatonin Saat Hamil?

Sekarang Mums sudah tahu kan aman tidaknya menggunakan minyak kayu putih saat hamil? Asal penggunaannya tidak berlebihan, minyak kayu putih aman digunakan dengan usia kehamilan berapa pun ya, Mums! (AS)

Referensi

First Cry Parenting. 2018. Using Eucalyptus Oil During Pregnancy.

Parents. 2019. Essential Oils During Pregnancy: What’s Safe and What to Avoid.

Good House Keeping. 2017. Using Essential Oilds When Pregnant Can Be Helpful But Dangerous-Here’s How to Do It Safely.

Comment