Ingin Bersihkan Rumah, Ini Daftar Produk untuk Disinfeksi Coronavirus!

Jumlah pasien yang positif terinfeksi coronavirus di Indonesia terus bertambah. Oleh karena itu, kewaspadaan terhadap penularan maupun penyebaran virus tersebut perlu ditingkatkan, mulai dari rutin mencuci tangan, membersihkan gadget, hingga membersihkan peralatan rumah tangga. Nah, beberapa dari Geng Sehat mungkin bertanya-tanya, barang-barang apa saja yang perlu disinfeksi, atau diberi disinfektan?

Sebelumnya Kamu harus tahu apa itu disinfektan dan bagaimana mereka membunuh coronavirus atau kuman. Seperti diketahui, disinfektan merupakan senyawa kimia yang biasanya digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati, seperti dinding, lantai, atau bahkan permukaan benda lain yang memungkinkan terkontaminasi kuman berbahaya.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua produk disinfektan efektif membunuh semua jenis kuman nih, Gengs. Ada banyak jenis bakteri dan virus yang tidak dapat dibunuh dengan produk disinfektan tertentu.

Baca juga: Waspada Coronavirus, Begini Cara Membersihkan Handphone dan Laptop

Apa yang Bisa Membunuh Coronavirus?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, hidrogen peroksida merupakan disinfektan yang stabil dan efektif membunuh virus saat digunakan pada permukaan yang tidak berpori dan keras. Umum dijual dalam larutan 3%, hidrogen peroksida dapat digunakan langsung dari botol nih Gengs.

Namun, Kamu sebaiknya mengenakan sarung tangan saat menggunakannya dan menjauhkannya dari kain ya. Untuk menggunakan larutan hidrogen peroksida ini, Kamu cukup menyemprotkannya, biarkan selama satu menit, lalu usap permukaan benda atau peralatan yang ingin dibersihkan.

Alkohol isopropil atau alkohol gosok juga merupakan disinfektan yang efektif membunuh berbagai patogen, termasuk coronavirus, selama konsentrasinya 70% nih Gengs. Untuk menggunakannya, Kamu cukup menyemprotkan permukaan benda atau peralatan di rumah dan diamkan selama 30 detik, lalu bersihkan.

Lantas, bagaimana dengan cuka? Apakah bisa membunuh kuman? Menurut CDC dan NSF (organisasi kesehatan dan keselamatan masyarakat di Amerika Serikat), cuka atau produk pembersih dengan kandungan cuka tidak boleh digunakan untuk mendisinfeksi atau membersihkan lho Gengs.

Produk pembersih dengan kandungan cuka mungkin memang dapat membersihkan, namun tidak efektif untuk membunuh atau menghilangkan bakteri, virus, atau bahkan coronavirus. Oleh karena itu, produk pembersih yang mengandung cuka tidak disarankan untuk digunakan jika ingin membunuh kuman atau bahkan virus.

BACA JUGA:  Survei BPS: Anak Muda Kurang Peduli Pencegahan COVID-19
Baca juga: Cegah Coronavirus, Benarkah Masker Hanya Digunakan untuk yang Sakit?

Produk Disinfeksi Coronavirus yang Dirilis LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis daftar sementara bahan aktif dan produk rumah tangga untuk disinfeksi pencegah penyebaran virus corona baru ( COVID-19).

“Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat virus corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat,” kata Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI Ajeng Arum Sari dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari ANTARA Selasa (24/3)

Daftar sementara bahan aktif untuk disinfeksi adalah :

  • Accelerated hydrogen peroxide (0,5 persen)
  • Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride (0,05 persen)
  • Chloroxylenol (0,12 persen)
  • Ethyl alcohol atau ethanol (62-71 persen)
  • Iodine in iodophor (50 ppm)
  • Isopropanol atau 2-propanol (50 persen)
  • Pine oil (0,23 persen)
  • Povidone-iodine (satu persen iodine)
  • Sodium hypochlorite (0,05-0,5 persen)
  • Sodium chlorite (0,23 persen)
  • Sodium dichloroisocyanurate (0,1-0,5 persen).

Nah produknya apa saja? Kamu bisa mendapatkan produk-produk di bawah ini, yang mengandung bahan aktif disinfaktan di atas. Berikut ini daftar sementara produk disinfektan rumah tangga atau produk pembersih untuk desinfeksi virus corona yang telah disurvei secara terbatas serta cara pengencerannya.

Aquatabs Multipurpose yang memiliki bahan aktif Sodium dichloroisocyanurate

Bayclin Lemon dengan bahan aktif Sodium hypochlorite 5,25 persen. Cara pengencerannya 20 mililiter per satu liter air

Bayclin Regular dengan bahan aktif Sodium hypochlorite 5,25 persen. Cara pengencerannya 20 miiliter per satu liter air

Bebek Kamar Mandi yang mengandung Benzalkonium klorida (0,1 persen)

Bratacare Disinfectane Concentrate dengan bahan aktif Quarternary ammonium compound (4,5 persen). Cara pengencerannya 10 mililiter per satu liter air.

BACA JUGA:  Status COVID-19 Makin Gawat, Sebaiknya Tunda Dulu ke Dokter Kandungan

Clorox Disinfecting Bleach dengan bahan aktif Sodium hypochlorite (7,4 persen). Cara pengencerannya 10 mililter per satu liter air.

Clorox Toilet Bowl Clener With Bleach dengan bahan aktif Sodium hypochlorite (2,4 persen) dan cara pengencerannya 40 mililiter per satu liter air

Dettol All In One Disinfectant Spray yang mengandung bahan aktif Alkyl Dimethyl Benzyl

Dettol Antiseptic Liquid dengan bahan aktif Chloroxylenol (4,8 persen) dan cara pengencerannya 25 mililiter per satu liter air.

Dettol Pembersih Lantai Citrus dengan bahan aktif Benzalkonium klorida (1,1856 persen) dan cara pengencerannya 45 mililiter per satu liter air

Dettol Pembersih Lantai Multiaction 4 in 1 dengan bahan aktif Benzalkonium klorida (1,1856 persen) dan cara pengencerannya 45 mililter per satu liter air

Mr. Muscle Axi Triguna Pembersih Lantai dengan bahan aktif Benzalkonium chloride (0,15 persen) dan ethoxylated linear alcohol (0,6 persen) dan cara pengencerannya 1:2 (1 bagian dalam 2 bagian air)

Proclin dengan bahan aktif Pemutih Sodium hypochlorite (5,25 persen) dan cara pengencerannya 20 mililiter per satu liter air,

Septalkan dengan bahan aktif Benzalkonium klorida (0,095 persen) dan cara pengencerannya 1:1 (1 bagian dalam 1 bagian air)

Soklin Pemutih dengan bahan aktif Sodium hypochlorite (5,25 persen) dan cara pengencerannya 20 mililiter per satu liter air

SOS Pembersih Lantai dengan bahan aktif Antibacterial Benzalkonium chloride (satu persen) dan cara pengencerannya 50 mililiter per satu liter air

Wipol Pembersih Lantai Cemara dengan bahan aktif Pine oil (2,5 persen) dan cara pengencerannya 1:9 (1 bagian dalam 9 bagian air)

Wipol Pembersih Lantai Sereh dan Jeruk dengan bahan aktif Ethoxylated alcohol (tiga persen) dan Benzalkonium chloride (1,25 persen) dan cara pengencerannya 40 mililiter per satu liter air.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa Bayclin Lemon, Bayclin Regular, Clorox Disinfecting Bleach, Clorox Toilet Bowl Clener With Bleach, Proclin Pemutih, Soklin Pemutih bersifat korosif terhadap logam sehingga barang-barang yang dibersihkan dengan sumber disinfektan itu harus dibersihkan kembali dengan kain basah setelah 10 menit.

BACA JUGA:  Asyik, Ibu Menyusui Kini Boleh Divaksin Covid-19!

Bahan aktif dan konsentrasi efektifnya dalam produk rumah tangga tersebut telah terbukti efektif melawan virus corona berdasarkan studi literatur. Disinfektan menjadi salah satu kunci dalam pencegahan penyebaran virus corona penyebab COVID-19. Namun, harus diperhatikan penggunaannya dengan benar.

Contoh pengenceran produk Proclin Pemutih yang mengandung sodium hypochlorite 5,25 persen untuk menghasilkan volume akhir disinfektan 1.000 mililiter, yakni Proclin Pemutih 20 mililiter ditambah 980 mililiter air.

Yang Perlu Diketahui Jika Ingin Membersihkan Rumah

Kamu boleh membersihkan benda atau peralatan yang ada di rumah dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus. Namun, untuk benar-benar membunuh kuman, Kamu tentu juga perlu membersihkan atau melakukan disinfeksi pada peralatan atau benda setelah membersihkannya dengan sabun dan air.

Usahakan untuk tidak mencampurkan produk pembersih apapun dengan disinfektan. Selain itu, yang perlu diketahui bahwa disinfeksi pada permukaan benda atau peralatan yang lunak dan berpori tidak akan pernah sepenuhnya membunuh kuman. Semprotkanlah beberapa kali antibakteri pada permukaan yang lembut, seperti bantal atau mainan yang berpori.

Oh iya, jika Kamu membersihkan peralatan masak dengan disinfektan, pastikan untuk membilas dengan air jernih yang mengalir dan tunggu hingga kering. Yang perlu diingat, produk disinfektan untuk membunuh coronavirus yang bisa digunakan untuk membersihkan benda atau peralatan di rumah ialah yang mengandung alkohol isopropil dan hidrogen peroksida, bukan yang mengandung cuka.

Baca juga: Aksi Borong Hand Sanitizer, Apakah Memang Efektif Membunuh Coronavirus?

Sekarang, kalau ingin membersihkan benda-benda atau peralatan di rumah, Kamu jadi tahu kan produk disinfektan apa yang tepat untuk membunuh coronavirus? Pastikan Kamu menggunakan produk disinfektan yang tepat ya Gengs!

Referensi

Good House Keeping. 2020. The Right Way to Kill Coronavirus Germs, According to Cleaning Experts.

Antaranews. LIPI : Berikut produk rumah tangga untuk desinfektan pencegah COVID-19

Comment