by

Kenapa Orang Sibuk Justru Paling Butuh Hobi?

Gengs, apa sih hobi Kamu? Lantas, apakah Kamu masih bisa melakukan hobi tersebut di tengah padatnya aktivitas harian seperti bekerja, belajar, dan menghabiskan waktu bersama keluarga? Jawabannya belum tentu. Bisa dipastikan, banyak dari kita yang sudah tidak lagi melakukan hobi karena kesibukan yang dimiliki. Padahal, ada banyak manfaat kesehatan apabila kita melakukan hobi.

Tapi, apakah Kamu tahu orang yang sibuk itu paling membutuhkan hobi? Terdengar aneh, tapi jika Kamu meluangkan waktu untuk melakukan hobi, bisa membantu meringankan kesibukan lho! Bagaimana pun, harus ada keseimbangan antara aktivitas harian dan hobi biar Kamu gak stres, Gengs! Hobi akan membawa kita keluar dari pengalaman sehari-hari dan memberi kita kesempatan untuk melakukan sesuatu yang disukai.

Baca juga: Hobi Memotret? Ada Manfaatnya untuk Kesehatan!

Kenapa Orang Sibuk Justru Paling Butuh Hobi?

Hobi dapat menjadi pelarian mental dan membantu kita mengasah suatu keterampilan, atau sekadar memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Hobi merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari pekerjaan dan jadwal harian yang monoton. Dengan melakukan hobi, semangat Kamu akan tetap tinggi. Hobi memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

“Hobi bisa membuat Kamu lebih kompetitif di tempat kerja, membantu mencegah kelelahan, dan menjaga pikiran fokus dengan mempelajari keterampilan baru. Selain itu, hobi akan membantu Kamu terhubung dengan hasrat dan identitas diri sendiri dan membina hubungan sosial dengan orang lain. Yang tak kalah penting, hobi bisa meningkatkan kebahagiaan,” kata Dina Smith, pemilik Cognitas, perusahaan pengembangan kepemimpinan di San Francisco Bay.

Lantas, bagaimana caranya untuk melakukan hobi ketika Kamu memiliki segudang kesibukan? Bahkan, Kamu seringkali berpikir bahwa 24 jam tidaklah untuk menyelesaikan semua kesibukan, dan sekarang harus meluangkan waktu untuk melakukan hobi?

“Hobi akan membantu Kamu menyusun waktu dan memaksa Kamu menjadi lebih efisien dengan waktu yang dimiliki. Ya, menambahkan hobi ke dalam rutinitas harian atau mingguan akan memaksa Kamu menyelesaikan tugas lebih cepat. Saat Kamu melakukan hobi, keseimbangan hidup akan tercipta dengan baik,” jelas Kevin Eschleman, asisten profesor psikologi di San Francisco State University.

Salah satu contoh ialah Scott Picken, pendiri dan juga CEO Wealth Migrate, yang hobi kitesurfing. Menurutnya, kitesurfing merupakan hobi tersulit yang ia pernah pelajari karena harus menghadapi empat hal secara bersamaan, yakni angin, ombak, papan selancar, dan selancar parasut. Maka dari itu, Scott menyamakan kitesurfing dengan awal mula ia membuka usaha.

Kitesurfing sama dengan memulai bisnis. Tanpa keterampilan, Kamu harus berjuang melawan berbagai rintangan yang bisa membuat frustrasi. Namun, di saat Kamu tetap tenang dan membiarkan ritme angin dan ombak, hobi ini sangat menyenangkan, seperti menjalankan bisnis. Saya harus menunggu waktu yang tepat untuk berselancar dan selalu waspada terhadap perubahan cuaca karena dapat berubah menjadi bahaya dengan cepat. Kitesurfing telah mengajari saya cara mengantisipasi tantangan dan memecahkan masalah,” ungkap Scott.

Baca juga: Aktivitas Tanpa Gadget pun Bisa Bikin Kamu Bahagia dan Kreatif!

Tips Memulai Hobi

Hobi sangat penting dilakukan agar Kamu memiliki kehidupan yang baik. Ya, menyisihkan waktu untuk melakukan hal yang Kamu sukai dapat membuat hidup Kamu lebih bermakna, santai, dan menyenangkan! Inilah tips agar Kamu bisa melakukan hobi di tengah padatnya aktivitas harian.

  • Pilih kegiatan yang disukai. Jika Kamu tidak dapat langsung mengidentifikasi hobi yang ingin dilakukan, ingatlah apa hobi Kamu di masa kecil. Apa yang Kamu suka lakukan di masa kecil namun tidak lagi dilakukan ketika dewasa. Cara lainnya, buat daftar aktivitas belum pernah dilakukan seumur hidup namun Kamu ingin mencobanya, misalkan belajar gitar. Yang terpenting, temukan hobi atau aktivitas yang benar-benar Kamu sukai.
  • Lakukan dengan teratur. Masukkan hobi Kamu ke dalam agenda harian. Ketika tiba waktunya, jangan pernah menundanya. “Ketika membuat daftar tugas harian, tuliskan saja tiga pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan. Setelah tugas tersebut selesai, kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi,” kata Leo Babauta, penulis.
  • Lakukan di pagi hari. Jika Kamu merasa kesulitan mengatur waktu untuk melakukan hobi, bangunlah satu jam lebih awal beberapa hari dalam seminggu. “Pagi hari itu menyenangkan karena belum diisi oleh banyak tugas. Jangan berikan diri Kamu kesempatan untuk tidak melakukan hobi,” ucap Leo.
Baca juga: Bersepeda, Hobi Asyik Sekaligus Bikin Sehat

Referensi:

Kattering Global. Why Hobbies Are Important?

FastCompany. Why busy, time-hungry people need hobbies the most

Inc. Why Successful People Need Hobbies

Bustle. How To Have A Hobby When You Don’t Have The Time

Comment

Terbaru