by

Wabup Aloysius Hadiri Apel Gelar Pasukan Lilin Kapuas 2019

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menghadiri apel gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas 2019 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020, di halaman Mapolres Sekadau, Kamis (19/12/2019).

Apel ini diikuti oleh anggota Polres Sekadau, Danramil 15/SKD, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sekadau. Dalam apel gelar pasukan untuk Operasi Lilin Kapuas 2019, Kapolres membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

“Fokus pengamanan adalah 61.308 objek di seluruh Indonesia. Baik di gereja, tempat wisata pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kerta api dan bandara,” ujar Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala.

Kapolres mengatakan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam menyambut hari raya Natal 2019 dan tahun baru 2020.

“Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel gabungan yang terdiri atas 121.358 personel polri, 17.190 personel TNI serta 54.259 berasal dari instansi terkait antara lain Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Pemadam Kebakaran, Linmas dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Marupa menjelaskan, Operasi Lilin Kapuas 2019 akan digelar selama 10 hari, mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

“Dalam rangka menumbuhkan ketenangan dan rasa aman masyarakat dalam merayakan Natal 2019 dan tahun baru 2020,” ucap Marupa.

Ia menjelaskan, kekuatan personel akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan,745 titik pos pelayanan dan 45 titik pos terpadu, strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh kasatwil dapat bersinergi dengan stekolder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah,” tutup Kapolres.

Dalam kesempatan itu juga, Wabup Aloysius menjelaskan bahwa pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2019 ialah melihat kesiapan lintas sektoral dalam menghadapi perayaan Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 bagi masyarakat Sekadau yang merayakannya.

“Sebentar lagi akan dilaksanakan dan kali ini kita melihat bagaimana kesiapan masing-masing stakeholder dan instansi bagaimana komitmen kita semua agar dua agenda besar ini bisa berjalan lancar, aman dan kondusif serta menyampaikan harapannya agar seluruh satuan kerja berkolaborasi dalam membantu kepolisian menjaga stabilitas keamanan dalam masyarakat Sekadau khususnya untuk menyambut Natal 2019 dan tahun baru 2020,” tukasnya.

“Hari ini dilaksanakan apel gelar pasukan operasi Kepolisian terpusat Lilin Kapuas 2019 Polres Sekadau dalam menghadapi libur akhir tahun dan Natal. Harapan kita semua dapat berjalan dengan baik, baik stabilitas keamanan maupun kelancaran lalu lintas, untuk itu dibutuhkan kolaborasi seluruh satuan kerja semua stakeholder terkait,” timpalnya.

Usai pelaksanaan apel, Wabup Aloysius bersama Kapolres Sekadau, Danramil 15/ SKD dan stakeholder terkait melakukan pengecekan kendaraan operasional yang digunakan dalam Operasi Lilin Kapuas. (Mus)

Comment

Terbaru