Bupati Martin Buka Kegiatan Pencanangan PKK-KKBPK-Kesehatan dan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan secara resmi membuka kegiatan Pencanangan PKK-KKBPK-Kesehatan dan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang dipusatkan di Desa Bukit Gajah, Kecamatan Manis Mata, Jumat (25/10/2019). Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang, Elisabet Martin Rantan serta perwakilan dari BKKBN Provinsi, para Kepala OPD serta para camat yang ada di Kabupaten Ketapang.

Dalam sambutannya, Bupati Martin mengucapkan terima kasih atas sambutan dan antusias masyarakat di Desa Bukit Gajah. Ia berharap kegiatan yang dipusatkan di desa ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Kita berterima kasih kepada Tim PKK mulai dari PKK kabupaten, kecamatan, desa serta mitra kerja yang telah menjadi lini lapangan dan menjadi garda terdepan dalam mensukseskan dan mencapai keberhasilan program keluarga berencana di Ketapang,” ujarnya.

Terlebih, saat ini, kata dia, program keluarga di Ketapang dapat berjalan dengan baik, di mana hasil pencapaian peserta KB baru yakni 3462 Akseptor (38,74 persen), KB Aktif 67.401 Akseptor (68,52 persen) dari pasangan usia subur (PUS) sebanyak 90.414. Untuk itu dengan dilaksanakan kegiatan ini selama dua bulan ke depan, diharapkannya, dapat meningkatkan pencapaian peserta KB baru dan membinanya agar mereka menjadi peserta KB aktif.

Baca Juga :  Pentingnya Sinkronisasi Aturan Dalam Mengatur Keberadaan dan Kegiatan Orang Asing di Kabupaten Ketapang

“Karena jumlah penduduk yang besar tidak selalu menjadi kekuatan pembanunan apabila tidak disertai dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai dan jumlah penduduk yang besar tentunya bermanfaat jika memiliki kualitas tinggi, untuk itu ini memerlukan perhatian dan penanganan secara sejsama dan berkelanjutan dan satu diantara upaya yang dilakukan dengan program ini untuk menciptakan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera,” harapnya.

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting lantaran kesehatan merupakan satu di antara indeks pembangunan manusia.

“Jika tidak sehat bagaimana mau bekerja, jika tidak bekerja bagaimana bisa menghasilkan sesuatu. Untuk itu kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran kesehatan kita bersama khususnya dimulai dari lingkungan keluarga. Minimal kesehatan kita mulai dari keluarga, seperti dengan cuci tangan sebelum makan khususnya untuk anak-anak karena anak-anak aktivitas banyak bermain diluar rumah,” jelasnya.

Baca Juga :  Polemik HGU PT BGA Group Berpotensi Jadi Masalah Besar, Kades Pengatapan Raya: Pertumpahan Darah Bisa Saja Terjadi

Untuk itu, lanjut dia, PKK memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendidikan manusia untuk memulai kesadaran kesehatan keluarga yang dimulai dari kesehatan keluarga dan ini perlu peran para ibu-ibu untuk mensukseskannya.

“Dalam kesempatan ini, saya meminta para Camat dapat berkoordinasi dan pembinaan dengan Tim Penggerak PKK di Kecamatan masing-masing, makanya para Camat kita undang untuk hadir karena kegiatan ini penting sebab berkaitan dengan pembangunan manusia, jadi para Camat yang tidak hadir hari ini tolong disurati,” tandasnya.

Sementara Camat Manis Mata, Leo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang telah menunjuk desa di Kecamatan Manis Mata sebagai pusat kegiatan.

“Kepada Bapak Bupati juga kami sampaikan terima kasih atas kehadirannya, bahkan beliau menyempatkan diri tidur di rumah warga untuk menghadiri kegiatan ini,” ucapnya.

Pihaknya turut mengapresiasi kegiatan ini, lantaran menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Bukit Gajah pada khususnya dan umumnya masyarakat Kecamatan Manis Mata.

“Dengan semangat membuat keluarga berencana dan menjaga kesehatan merupakan kebutuhan utama, lantaran dengan keluarga yang sehat baik fisik maupun mental maka mempermudah mencapai sebuah kesejahteraan demi meningkatkan indek pembangunan manusia,” tuturnya. (Adi LC)

Comment