Polres Sekadau Gandeng Tokoh Agama Jaga Keutuhan NKRI

KalbarOnline, Sekadau – Menyikapi situasi keamanan nasional akhir ini, di mana terjadi kejadian unjuk rasa serta demonstrasi yang diwarnai kerusuhan tentu saja menimbulkan keprihatinan dan kekhawatiran banyak pihak.

Tak ingin kejadian tersebut terjadi di Kabupaten Sekadau, Polres Sekadau melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat terutama tokoh agama di Kabupaten Sekadau.

Dalam kegiatan tersebut Polres Sekadau yang dipimpin Kasat Binmas, IPTU Masdar bersama Kasat Samapta, IPTU Kamto, KBO Sat Binmas, IPDA Lijana Tajudin dan Kasi Propam, IPDA Nuryadi mengunjungi kediaman Ketua MUI Sekadau, KH. Muhdlor di Jalan Merdeka Timur Km 7.

Kepada tokoh agama, IPTU Masdar menyampaikan bahwa kejadian aksi demonstrasi yang diwarnai kerusuhan beberapa waktu yang lalu menjadi keprihatinan negara.

Polres Sekadau mengharapkan kejadian tersebut tidak terjadi kembali terutama di Bumi Lawang Kuari, yang mana terdiri dari keberagaman dan multi etnis.

“Di situlah terdapat kebhinekaan di mana persatuan dan kesatuan harus kita junjung selalu untuk keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutur Kasat Binmas, Selasa (3/9/2019).

Pada kesempatan yang sama pula Kasat Samapta, IPTU Kamto menjelaskan, dalam menjaga keutuhan NKRI dibutuhkan peran dari pemerintah serta seluruh elemen masyarakat baik itu tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Seperti halnya pada pelaksanaan Pemilu 2019, di mana peran tokoh agama mendinginkan suhu politik, diharapkan juga dapat meredam isu maupun berita hoax yang beredar di medsos.

“Maka dari itu peran tokoh agama sangat penting dalam menjaga stabilitas Kamtibmas di setiap daerah,” terang Kasat Samapta, IPTU Kamto.

Sementara Ketua MUI Sekadau, KH. Muhdlor yang juga selaku tokoh agama mengamini hal tersebut.

“Untuk menjadi negara yang kuat memang dibutuhkan kerjasama dari seluruh aparat pemerintah dan elemen masyarakat, terjalinnya persatuan antar suku agama menjadi pondasi untuk kemajuan bangsa,” tandasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar