Pawai Obor Sambut Malam Tahun Baru Islam 1441 Hijriah di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka menyambut malam pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan pengurus serta pemuda dan remaja Islam Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang (Prisma) menggelar pawai obor yang mengelilingi Kota Ketapang, Sabtu (31/8/2019) malam.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Masjid Agung Al-Ikhlas, Jalan H Agus Salim, Kecamatan Delta Pawan, Ketapang itu tak hanya dihadiri ribuan warga Ketapang melainkan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ketapang, Suprapto, Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat, Dandim 1203 Ketapang, Letkol. Kav Jami’an, Ketua MUI Ketapang, Ustadz Faisol Maksum dan Ketua PHBI Ketapang.

Dalam sambutanya, Wabup Ketapang, Suprapto mengatakan, kegiatan pawai obor ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai wujud rasa bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan dan sebagai wadah silaturahmi antar sesama.

Baca Juga :  UMK Ketapang Tahun 2020 Naik Jadi Rp2,86 Juta

“Kegiatan ini sebagai bentuk syukur kita semua, di mana kita masih diberikan kesehatan untuk melaksanakan pawai keliling dalam rangka 1 Muharram 1441 H di Ketapang,” ujarnya.

Suprapto menyebut, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan silaturahmi umat sehingga kecintaan terhadap hari besar Islam semakin meningkat, selain sebagai hiburan bagi masyarakat untuk meningkatkan satu kesatuan dan budaya, juga sebagai modal untuk membangun daerah dan bangsa.

“Kegiatan ini sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah dan sebagai ajang silaturahmi antar umat muslim dan antar umat beragama lainnya yang ada di Ketapang,” imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih karena berkat kerjasama PHBI Ketapang dengan pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas dan Prisma serta support dari Pemkab Ketapang, sehingga kegiatan pawai obor keliling Kota Ketapang dapat terselenggara.

Baca Juga :  Raih 10 Medali Emas, Cabor Selam Ketapang Unggul di Porprov Kalbar

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang kami ucapkan terima kasih dan pengharhan setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara kegiatan,” ucapnya.

Dirinya juga berharap kepada para peserta pawai obor agar dalam kegaiatan untuk dapat mengikuti aturan dan rute pawai yang telah ditentukan oleh panitia. Dalam kesempatan itu, Wabup Suprapto didapuk untuk melepas para peserta pawai obor yang diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari para pelajar serta ormas Islam dan lembaga dakwah.

Peserta pawai obor menempuh rute mulai dari halaman Masjid Agung Al-Ikhlas di Jalan H. Agus Salim menuju Jalan DI Panjaitan kemudian ke arah Jalan R Suprapto dan Jalan MT Haryono untuk kemudian kembali lagi ke halaman Masjid Agung Al-Ikhlas dengan pengawalan dari pihak Kepolisian Polres Ketapang. (Adi LC)

Comment