PKK Teluk Empening Berpeluang Juara Nasional

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan komitmennya terhadap eksistensi PKK mulai tingkat kabupaten hingga desa. Hal itu di antaranya diwujudkan melalui penerbitan Peraturan Bupati yang mengatur pengelolaan anggaran desa di mana di dalamnya terdapat kegiatan-kegiatan PKK.

“Boleh rencanakan apa saja sesuai budget yang telah ditentukan. Kita sangat konsen dengan kegiatan PKK ini,” tegasnya, Kamis (27/6/2019) kemarin.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan menyebut, keberhasilan PKK Teluk Empening menembus enam besar nasional sebagai kejutan yang membahagiakan. Dirinya menilai pencapaian PKK Desa Teluk Empening membuktikan bahwa kondisi geografis dan keterbatasan yang ada bukan halangan untuk berprestasi.

“Tentu kita tidak hanya puas dengan nominasi enam besar ini. Kita harus melakukan yang terbaik dan maksimal yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kubu Raya Kirim Dua Gadis Ikuti Kontes Kecantikan Miss Eart Indonesia

Di kesempatan yang sama, Pelaksana tugas Ketua TP PKK Desa Teluk Empening, Rossi mengatakan, penilaian lomba PKK dilakukan pihaknya dengan manajemen penilaian yang berkualitas. Meliputi materi penilaian, tahapan, proses dan mekanisme penilaian hingga penentuan juara yang dilakukan secara berjenjang, terbuka, dan akuntabel. Sehingga menjadi instrumen penilaian yang ideal dan objektif.

“Saya berharap lomba ini strategis dan menjadi inspirasi serta motivasi bagi masyarakat luas termasuk para pelaku pembangunan dan pimpinan daerah di semua tingkatan. Sesungguhnya gerakan PKK adalah faktor kunci dalam proses pemberdayaaan keluarga. Sehingga masyarakat bersama pemerintah desa didukung penuh pemerintah daerah mampu berperan serta dalam pembangunan,” tuturnya.

Rossi menyebut lomba PKK tingkat nasional akan mengharumkan nama daerah. Namun ia berharap agar prestise dan prestasi yang ada terus dijaga kesinambungannya. Terlebih pemenang lomba biasanya kelak akan menjadi tujuan studi banding bagi daerah-daerah lainnya. Karena itu, dia meminta PKK desa mengembangkan prinsip keterbukaan dalam berbagi pengetahuan.

Baca Juga :  Matangkan Konsep Smart City, Pemkab Kubu Raya Audiensi ke Pemkot Bandung

“Terkait hal itu juga saya mendorong agar setiap daerah mempunya suatu program atau kegiatan pembinaan pasca lomba yang dilakukan secara simultan. Terima kasih dan apresiasi kepada Bupati dan seluruh jajaran pemerintah daerah yang selalu memberikan dukungan terhadap program dan kegiatan TP PKK.Pencapaian daerah ini sebagai nominator pelaksana lomba semoga dapat mendorong pembangunan daerah dan kemajuan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Seperti diketahui, PKK Desa Teluk Empening, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, masuk dalam enam besar terbaik nasional lomba Tertib Administrasi Sekretariat PKK Desa tingkat nasional tahun 2019. PKK Teluk Empening bahkan berpeluang meraih predikat yang terbaik pada lomba yang digelar terkait Hari Kesatuan Gerak PKK 2019. (ian/rio)

Comment