276 Calon Jamaah Haji Kubu Raya Divaksinasi Meningitis

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebanyak 276 peserta calon jamaah haji dari Kabupaten Kubu Raya melakukan cek kesehatan dalam rangka persiapan keberangkatan haji tahun 2019. Adapun, rangkaian Medical Check-Up tersebut berupa pengecekan tensi darah, kolesterol, diabetes serta penyuntikan vaksin Meningitis dan Influenza terhadap para calon jamaah haji, di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (3/5/2019) siang kemarin.

Ketua Pengelola program Haji Kalimantan Barat, H. Endang Muhammad Sudirman mengatakan, dengan jadwal yang sudah ada pihaknya telah melakukan vaksinasi di 14 Kabupaten/Kota sedangkan Kubu Raya menjadi nomor urut yang terakhir untuk memberikan vaksinasi kepada calon jemaah haji.

“Dengan disuntikkannya vaksin meningitis agar mencegah terjadinya penyakit menular bagi para jemaah. Mengingat keadaan cuaca yang kurang bersahabat di wilayah Timur Tengah maka kedua vaksin tersebut sangat dibutuhkan untuk jamaah haji,” ujarnya.

Baca Juga :  Tujuh Fraksi Setujui APBD Perubahan Kabupaten Kubu Raya

Ditegaskan Endang, bagi seluruh peserta calon jamaah haji diwajibkan vaksinasi walaupun ada sejumlah peserta yang masih ada gangguan pada kesehatannya. Pihaknya tetap melakukan vaksinasi setelah keadaan gangguan kesehatan para peserta tersebut menjadi stabil.

“Kita jadwalkan dihari berikutnya karena vaksinasi ini sangat dibutuhkan karena Pemerintah dari negara Arab Saudi mewajibkan vaksinasi terhadap para jamaah haji dari negara manapun,” jelasnya.

Dirinya juga mengimbau bagi calon peserta jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan agar tidak menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit yang mengakibatkan kerugian terhadap jamaah itu sendiri.

Baca Juga :  Yuslanik Ditunjuk Prabowo Subianto Pimpin DPC Gerindra Kubu Raya

Sementara Kasi Survelan Imunisasi Dinas Kesehatan Kubu Raya, Diah Puspitawati mengatakan setiap tahunnya bagi calon jemaah haji akan diberikan penyuntikan Meningitis dan Influenza dalam rangka peningkatan sistem ketahanan tubuh bagi para peserta calon jemaah haji untuk pencegahan penyakit menular dan tidak menular.

“Persiapan ini telah kita lakukan sejak bulan Januari kemarin. Selain itu ini memang menjadi persyaratan bagi para calon jamaah haji untuk dicek kesehatannya seperti tekanan darah, kolesterol, diabetes dan sebagainya,” tukasnya.

Terkait dengan kesehatan para peserta Diah mengungkapkan dari kouta jamaah haji yang diterima pihaknya untuk melakukan cek kesehatan berjumlah 307 peserta. Adapun peserta mengalami gangguan kesehatan sebanyak 31 orang.

“Yang belum hadir pada hari ini karena sakit sebanyak 31 orang karena gangguan kesehatan jadi masih tunda hingga hari Senin untuk dilakukan vaksinasi lagi,” ulasnya. (ian)

Comment