Jelang Pencoblosan, Sujiwo Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo saat memimpin rakor pemilu serentak 2019 lintas sektoral
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo saat memimpin rakor pemilu serentak 2019 lintas sektoral (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Menyambut pelaksanaan pencoblosan Pemilihan umum pada Rabu 17 April 2019 besok, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah melakukan berbagai persiapan untuk pemantauan, pelaporan dan evaluasi pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

Persiapan itu pun dituangkan dalam rapat koordinasi Pemilu serentak lintas sektoral yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo di ruang media center Kabupaten Kubu Raya, Selasa (16/4/2019) pagi.

Dalam rakor Pemilu tersebut, Sujiwo mengatakan pemerintah harus dapat memastikan bahwa Pemilu berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan pemantauan disrluruh wilayah Kabupaten Kubu Raya. Di mana masing-masing tim akan melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara di masing-masing wilayah.

“Jadi kita minta keikhlasan teman-teman pegawai, Camat dan Kepala OPD yang akan turun langsung ke seluruh wilayah di Kubu Raya untuk melakukan monitoring dan pemantauan langsung di lapangan. Kita harus pastikan bahwa kegiatan pemungutan suara dapat berjalan lancar,” ujar Sujiwo.

Sujiwo juga mengatakan bahwa Pemerintah ingin memastikan pemungutan suara di seluruh wilayah Kubu Raya, berjalan baik dan lancar, aman dan tentram. Sehingga masyarakat dapat memberikan hak pilihnya dengan bebas, dengan jujur, dengan adil dan aman serta rahasia. Sebagaimana yang menjadi fokus dari kegiatan demokrasi di Indonesia.

Di samping itu, upaya melakukan pemantauan tersebut juga sekaligus membantu tugas dari TNI dan Polri untk menjaga pelaksanaan Pemilu dapat lancar. Sujiwo mengatakan bahwa pemerintah juga berperan aktif meyakinkan publik untuk berperan aktif dalam pesta demokrasi pada pemilu serentak 2019 ini.

“Kita pemerintah juga melakukan monitor dan pemantauan bahwa masyarakat kita bebas dalam menetukan pilihan dan memberikan hak-haknya dalam menentukan masa depan bangsa untuk lima tahun ke depan. Kita juga ingin menciptakan rasa aman bagi masyarakat kita yang berhak memilih dalam memberikan hak pilihnya,” terang Sujiwo.

Sujiwo juga mengimbau seluruh masyarakat Kubu Raya agar datang ke TPS gunakan hak pilihnya. Karena satu suara sangat berharga untuk menentukan masa depan dan nasib bangsa lima tahun mendatang.

Sujiwo meminta agar masyarakat tidak saling mengolok dan tidak saling mencaci karena beda pilihan. Agar selalu menjaga keharmonisan dan kekompakan. Beda pilihan adalah biasa, itulah sebuah demokrasi di mana setiap orang bebas menentukan pilihannya tanpa mengganggu yang lainnya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kubu Raya agar datang ke TPS gunakan hak pilihnya. Satu suara sangat penting bagi masa depan bangsa. Kita juga minta agar masyarakat tidak saling menebar kebencian, tidak saling mengolok dan caci karena beda pilihan. Setiap orang bebas menentukan haknya tanpa harus dipaksa dan ditakut-takuti,” imbau Sujiwo. (ian)

Tinggalkan Komentar