237 Pengawas TPS Kecamatan Delta Pawan Resmi Dilantik

KalbarOnline, Ketapang – Sebanyak 237 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) resmi dilantik oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Delta Pawan, Rustam Efendi di gedung serba guna Pancasila, Ketapang, Kamis, (28/3/2019).

Seluruh PTPS yang baru saja dilantik tersebut nantinya akan bertugas melakukan pengawasan di tiap-tiap Tepat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Delta Pawan pada saat dimulai hingga selesainya proses pemungutan suara pada pemilu serentak 17 April 2019 mendatang.

Ketua Panwascam Delta Pawan, Rustam Efendi mengatakan, selain pelantikan terhadap ratusan PTPS se-Kecamatan Delta Pawan pihaknya juga langsung melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap PTPS.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Minta OPD Bersiap Hadapi Penilaian Indeks Reformasi Birokrasi

“Setelah melakukan pelantikan terhadap ratusan PTPS se-Kecamatan Delta Pawan, kita juga langsung melakukan Bimtek dengan pematerinya langsung dari Bawaslu Kabupaten Ketapang,” ujarnya saat diwawancarai awak media seusai pelantikan.

Rustam juga mengingatkan kepada PTPS yang baru saja dilantik tentang pentingnya bekerja secara profesional dan memahami tugas dan kewenangan dengan berpedoman pada aturan yang berlaku agar dapat maksimal dalam menjalankan pengawasan.

Baca Juga :  Jadi Korban ‘Pengantin Pesanan’, Satu Warga Ketapang Masih di Tiongkok

“Keberadaan pengawas TPS tentunya diharapkan mampu mencegah adanya pelanggaran khususnya di TPS pada saat berlangsungnya proses pemungutan suara 17 April 2019 mendatang,” tukasnya.

Selain itu, dijelaskan Rustam, pihaknya juga akan terus melakukan Bimtek lanjutan terhadap PTPS agar semakin memahami mengenai tugas, kewanangan dan kewajibannya dalam menjalankan tugas pengawasan di lapangan.

“Harapan kita selain PTPS, masyarakat juga dapat pro aktif dalam membantu pengawasan di lingkungan masing-masing baik dengan turut melaporkan adanya dugaan pelanggaran maupun dengan menolak praktik praktik money politik,” tandasnya. (Adi LC)

Comment